Find Us On Social Media :

Ulang Tahun ke-10, LINE Rilis Lini Masa yang Menggambarkan Perjalannya

By Cakrawala, Rabu, 23 Juni 2021 | 23:30 WIB

Ilustrasi perjalanan LINE sepuluh tahun terakhir.

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-10, LINE Corporation hari ini merilis lini masa alias timeline-nya selama sepuluh tahun terakhir. Selain menggambarkan perjalanan LINE sejauh ini, LINE menyebutkan kehadiran lini masa itu juga sebagai ungkapan rasa terima kasihnya terhadap semua pengguna LINE di dunia, termasuk Indonesia. LINE pun berharap perjalanan selama sepuluh tahunnya itu adalah awal menuju sepuluh tahun berikutnya.

Hal itu ditegaskan LINE dengan slogan dari perayaan ulang tahun ke-10-nya yang berupa "To The  Next". LINE sendiri mengartikan slogan tersebut dengan terus mendengar suara-suara dari para pengguna dan terus membuat layanan-layanan yang lebih baik untuk sepuluh tahun berikutnya.

LINE pertama kali hadir di dunia, tepatnya di Jepang, pada tahun 2011. LINE menyebutkan platformnya berhasil menjadi alat komunikasi penduduk di sana ketika terjadi gempa bumi besar di Jepang bagian timur. Jika Anda ingat bencana pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, gempa bumi besar di Jepang bagian timur itu adalah faktor yang menyebabkannya.

Tahun berikutnya, LINE mengeklaim berhasil menjadi platform perpesanan global. Pada tahun 2012 tersebut, LINE mengeklaim pengguna LINE bertumbuh menjadi lebih dari 55 juta secara global dan 25 juta di Jepang. LINE menyebutkan platformnya populer di Taiwan, Hong Kong, Thailand, Singapura, Arab Saudi, Qatar, Swiss, Turki, dan Rusia, selain tentunya di Jepang.

Di Indonesia sendiri, LINE hadir pada tahun 2013. LINE pun menegaskan menghadirkan sejumlah layanan yang disesuaikan dengan Indonesia. Dua di antaranya adalah LINE TODAY dan LINE OpenChat. LINE TODAY merupakan aggregator berita, sedangkan LINE OpenChat merupakan wadah untuk komunitas "berkumpul" secara daring.

Kehadiran pandemi COVID-19 juga membuat LINE menyesuaikan diri. Pada tahun 2020 misalnya, LINE meluncurkan sejumlah layanan baru di negara tertentu. Salah satunya adalah LINE Doctor di Jepang yang seperti namanya adalah layanan telemedicine. Sementara, di Indonesia, LINE meluncurkan LINE Siaga yang menyediakan pembaruan harian mengenai statistik COVID-19, tips dan trik, serta artikel-artikel yang sesuai.

Adapun lini masa yang dirilis oleh LINE bisa dilihat berikut ini.

Lini masa LINE sepuluh tahun terakhir.