Find Us On Social Media :

Ingin Segera Upgrade ke Windows 11? Gabung di Windows Insider Program

By Wisnu Nugroho, Jumat, 25 Juni 2021 | 12:04 WIB

Windows 11 dirancang untuk digunakan berbagai jenis perangkat

Windows 11 telah diumumkan. Namun Anda harus bersabar jika ingin upgrade ke Windows 11. Pasalnya, Microsoft belum menyebut tanggal pasti kapan Windows 11 akan bisa digunakan. Mereka hanya menyebut, Windows 11 akan tersedia secara bertahap mulai liburan akhir tahun 2021 ini. Enaknya, upgrade ini sifatnya gratis.

Namun Anda sebenarnya bisa upgrade ke Windows 11 mulai minggu depan. Syaratnya, Anda harus bergabung ke Windows Insider Program.

Sekadar informasi, Windows Insider Program adalah komunitas yang mendapat kesempatan menjajal fitur terbaru Windows. Jadi, Anda berkesempatan mencoba fitur terbaru Windows yang belum tersedia untuk publik. Namun risikonya, fitur baru tersebut mungkin belum sempurna, sehingga berisiko ada kendala saat digunakan.

Untuk bergabung menjadi anggota Windows Insider Program ini, Anda bisa mendaftar di link ini atau dari dalam Windows 10 (Settings > Update & Security > Windows Insider Program). 

Anda bisa memilih level di Windows Insider Program, apakah Dev Level (paling cepat) atau Release Preview (paling stabil)

Saat mendaftar ini, Anda dapat memilih satu dari tiga level Windows Insider Program. Pilihannya adalah:

Khusus untuk Windows 11, Microsoft memberikan catatan soal batasan spesifikasi hardware. Ada spesifikasi minimal, ada spesifikasi ideal. Spesifikasi komputer ini akan menentukan Windows 11 versi mana yang bisa Anda coba.

Contohnya, jika komputer Anda tidak memenuhi spesifikasi minimal, Anda masih bisa mencoba Windows 11 versi Dev Channel (meski dengan fitur terbatas). Namun Anda tidak bisa menjajal Windows 11 versi Beta maupun Release Preview.

Sementara jika komputer Anda memenuhi spesifikasi minimal namun tidak memenuhi spesifikasi ideal, Anda masih bisa mendapatkan Windows 11 Dev Channel dan Beta Channel. Namun Anda tidak bisa mendapatkan Windows 11 versi Release Preview Channel.

Selengkapnya bisa dilihat di tabel dari Microsoft di bawah ini

Tabel ini menunjukkan Windows 11 versi mana yang bisa Anda coba sesuai kemampuan komputer Anda

Jika Anda ingin mengecek apakah komputer Anda memenuhi spesifikasi minimal dan ideal dari Windows 11, Anda bisa mengunduh aplikasi PC Health Check dari situs resmi Windows.