Find Us On Social Media :

Perbandingan Layanan PayLater di Indonesia, Mana yang Terbaik?

By Adam Rizal, Selasa, 29 Juni 2021 | 18:55 WIB

Traveloka PayLater

Kehadiran layanan paylater atau pembelian barang dan jasa secara kredit di internet memberi kemudahan bagi para konsumen dalam berbelanja.

Menariknya lagi, Anda punya kebebasan dalam menentukan pilihan produk paylater yang ingin digunakan. Beberapa layanan paylater yang populer di antaranya adalah GoPay Paylater, Traveloka PayLater, dan Indodana Paylater. 

Dari berbagai pilihan produk paylater tersebut, mana yang menjadi pilihan Anda? Sebelum melakukan pengambilan keputusan, alangkah baiknya kalau Anda mengenali kelebihan dari masing-masing produk. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh layanan paylater yang tidak akan menimbulkan permasalahan di masa-masa mendatang. 

1. GoPay Paylater

Gojek mempunyai layanan pembayaran digital menggunakan GoPay. Ketika menggunakan GoPay, Anda berkesempatan untuk memanfaatkan fitur pembayaran kredit yang mereka sebut sebagai GoPay Paylater. Kamu pun bisa memanfaatkan GoPay Paylater di dalam aplikasi Gojek. 

Saat menggunakan GoPay Paylater, Anda bisa memperoleh pinjaman tanpa dikenai bunga. Sebagai gantinya, Gojek mengenakan biaya berlangganan yang disesuaikan dengan pemakaian fitur GoPay Paylater. Selanjutnya, Anda tidak perlu bayar biaya berlangganan ketika tidak memanfaatkan layanan ini. 

Tidak ada informasi secara resmi mengenai seberapa besar limit pinjaman yang bisa didapatkan dari GoPay Paylater. Namun, sebagian besar pengguna memperoleh batas pinjaman di angka Rp500 ribu. Selain itu, penggunaan GoPay Paylater terbatas untuk transaksi di aplikasi Gojek. 

2. Traveloka PayLater

Selain Gopay Paylater, ada alternatif paylater menarik dari Traveloka, yakni Traveloka Paylater. Layanan kredit online dari Traveloka ini menyediakan limit pinjaman yang tinggi, mulai dari Rp1 juta hingga Rp50 juta. Proses pendaftarannya mudah, dapat dilakukan oleh siapa saja dan bisa dilakukan melalui aplikasi Traveloka. 

Besaran bunga yang perlu Anda bayarkan relatif rendah, berlaku flat antara 2,25% sampai 4,78% per bulan. Selain itu, Anda tidak perlu membayar biaya administrasi untuk setiap pengajuan pinjaman. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan paylater itu untuk pembelian berbagai produk di Traveloka. 

Lebih lanjut, Anda dapat memanfaatkan Traveloka PayLater Card yang menawarkan benefit jauh lebih banyak. PayLater Card hanya bisa didapatkan oleh pengguna tetap Traveloka. Pemakaiannya memberi keuntungan tenor lebih panjang dan bunga rendah. 

Seperti halnya Traveloka PayLater, penggunaan Paylater Card berlaku secara gratis tanpa dikenai biaya administrasi atau tahunan. Menariknya lagi, PayLater Card memberi keleluasaan dalam penggunaan dana. Anda bisa memakainya untuk bertransaksi di toko online atau offline di seluruh dunia.

3. Indodana Paylater

Ada pula solusi paylater dari Indodana Paylater. Pemanfaatan layanan Indondana Paylater cukup menguntungkan. Apalagi, Anda bisa mengajukan kredit online dengan batas maksimal Rp25 juta. Selain itu, Indondana telah melakukan kerjasama dengan berbagai merchant. 

Proses pengajuan Indodana Paylater relatif singkat. Pihak Indodana menjanjikan kalau pemrosesan hanya memerlukan waktu 1x24 jam hari kerja. Tenor pinjaman cukup fleksibel. Anda bisa mengajukan kredit online dengan tenor antara 3 sampai 12 bulan. 

Hanya saja, Anda perlu memperhatikan aspek biaya tambahan serta bunga ketika menggunakan layanan Indodana Paylater. Indodana memberlakukan bunga flat sebesar 3% yang perlu Anda bayar setiap bulan. Selain itu, ada pula biaya administrasi yang nominalnya sebesar 1% atau minimal Rp1.000. 

Dengan memperhatikan perbandingan 3 layanan paylater tersebut, terlihat jelas kalau Traveloka PayLater menawarkan kemudahan lebih besar. Anda punya peluang memperoleh pinjaman lebih banyak serta pemakaian dana yang fleksibel. Apalagi, kalau Anda menggunakan PayLater Card. 

Semoga bermanfaat, ya.