Find Us On Social Media :

Kini Durasi Video Singkat TikTok Diperpanjang Menjadi 3 Menit

By Adam Rizal, Sabtu, 3 Juli 2021 | 09:30 WIB

TikTok

ByteDance meningkatkan interaksi pengguna TikTok, dengan memperpanjang durasi untuk unggahan video singkat.

Selama ini Tiktok memberikan durasi 60 detik untuk video singkat di jejaring sosial tersebut. Kebijakan baru itu membuat durasi video TikTok menjadi tiga menit.

"Kini durasi video lebih panjang. Ini menjadi salah satu alat yang bisa digunakan untuk memikat komunitas dengan kreativitas mereka," kata Manajer Produk TikTok, Drew Kirchhoff.

TikTok menyatakan kalau tujuannya adalah memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pembuat konten saat merekam dan membatasi kebutuhan untuk posting multi-part. Pengguna juga bisa leluasa membuat lebih panjang video, dan masih bisa memecah video tersebut.

"Kami mendengar kreator di TikTok meminta durasi yang lebih panjang untuk konten seperti demo masak, tata rias, sketsa komedi sampai soal pendidikan," ujarnya seperti dikutip The Verge.

TikTok akan menggulirkan update itu selama beberapa minggu ke depan. Pengguna pun akan mendapatkan notifikasi jika sudah bisa mengunggah video hingga tiga menit tersebut.

Video berdurasi tiga menit telah diuji setidaknya sejak Desember 2020 lalu. Hasilnya mudah ditemukan saat menggulir video dari pembuat TikTok teratas dengan pengikut yang banyak, terutama dalam kategori seperti memasak.

Saat pengujiannya, video yang lebih panjang hanya terbatas untuk pengguna tertentu. Tetapi sekarang akan diluncurkan ke semua orang di TikTok dalam beberapa minggu mendatang.