Find Us On Social Media :

HMD Global Bantah Nokia X60 Gunakan HarmonyOS, Setia Pakai Android

By Adam Rizal, Minggu, 4 Juli 2021 | 11:30 WIB

Nokia X60 HarmonyOS

Huawei memang resmi meluncurkan sistem operasinya sendiri yaitu HarmonyOS yang terbuka untuk siapa saja untuk mengadopsinya. Beredar rumor, flagship HP Nokia X60 series akan mengadopsi sistem operasi HarmonyOS.

Rumor itu awalnya datang dari media asal Taiwan, The Paper yang mengatakan bahwa Nokia akan meluncurkan seri X60 menggunakan OS HarmonyOS. Namun HMD Global tegaskan membantah flagship X60 menggunakan sistem operasi HarmonyOS dan tetap setia menggunakan Android.

"Komitmen kami untuk memberikan pengalaman Android terbaik tetap teguh," kata Nokia seperti dikutip Gizmochina.

Sebelumnya, Nokia dikabarkan akan meluncukan dua HP yang memggunakan OS milik Huawei yaitu X60 dan X60 Pro. Keduanya akan menjadi perangkat non-Huawei pertama yang menggunakan sistem operasi itu.

Nokia X60 series dikatakan akan menjadi HP flagship pertama yang mengusung layar melengkung berspesifikasi tinggi dengan adaptive refresh rate hingga 144 Hz. HP itu juga dikabarkan akan didukung oleh kamera beresolusi 200 MP dan baterai 6.000 mAh.

HarmonyOS

Huawei resmi meluncurkan sistem operasi mobile HarmonyOS yang akan menantang dominasi Android. Hebatnya, Huawei HarmonyOS dapat berjalan di berbagai jenis perangkat seperti smartphone dan perangkat pintar lainnya.

Perangkat Huawei yang saat ini mampu menjalankan HarmonyOS adalah HP Mate 40 dan Mate X2, tablet MatePad Pro dan arloji pintar Watch Series 3.

President of Huawei Consumer Business Group Software Department, Wang Chenglu mengatakan HarmonyOS dapat berjalan tidak hanya untuk produk Huawei saja, melainkan untuk seluruh perangkat ponsel dan gadget lain tanpa terkecuali.

"HarmonyOS bakal dipakai oleh 200 juta ponsel dan 100 juta perangkat pintar buatan pihak ketiga, pada akhir tahun 2021 ini," katanya.

Meizu merupakan salah sedikit vendor smartphone yang tertarik untuk mengadopsi sistem buatan Huawei ini. Sebaliknya, beberapa vendor yang lebih besar seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi disinyalir masih belum tertarik untuk mencicipi Harmony OS.

HarmonyOS telah menawarkan keunggulan utama berupa kemampuan untuk saling terintegrasi antara satu sama lain. Huawei memiliki visi untuk menyatukan semua perangkat yang didukung dengan HarmonyOS dalam satu kontrol tunggal.

"Pengguna dapat menjalankan beragam perangkat yang sebelumnya telah saling terkoneksi, menggunakan HarmonyOS," ujarnya seperti dikutip Tech Crunch.