Find Us On Social Media :

WhatsApp Uji Coba Fitur Baru untuk Kirim Video Berkualitas Tinggi

By Adam Rizal, Minggu, 4 Juli 2021 | 12:00 WIB

WhatsApp

WhatsApp sedang menguji coba fitur terbaru yang memungkinkan pengguna mengirim video berkualitas tinggi sehingga pengguna memiliki banyak opsi pengiriman.

Sesuai laporan WABetaInfo Fitur baru WhatsApp itu bernama Video Upload Quality yang kini telah tersedia di WhatsApp versi beta 2.21.14.6 untuk perangkat Android.

Dalam screenshot yang ditampilkan, pengguna memiliki tiga opsi pilihan untuk membagikan video. Mulai dari Auto (recommended), Best quality, dan Data saver. Opsi Auto akan membaca algoritma untuk menentukan kompresi terbaik dalam mengirim video. Best quality akan memaksa aplikasi untuk mengirim video dengan resolusi tertinggi.

Sedangkan opsi terakhir memungkinkan pengguna untuk mengirim video yang disesuaikan apabila tidak memiliki jaringan bandwidth tinggi. Caranya, WhatsApp akan mengompres ukuran Video dengan resolusi lebih rendah.

Bagi yang memilih Best quality, proses pengiriman video diperkirakan bakal lebih lama karena tergantung kecepatan jaringan yang dimiliki ataupun perangkat yang digunakan. Namun perlu dicatat bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum ada informasi kapan WhatsApp merilisnya ke versi publik.

Di sisi lain, WhatsApp tidak mengizinkan pengguna untuk mengirim video yang berukuran lebih dari 16MB. Video ini memiliki durasi setara 90 detik hingga tiga menit. Belum jelas apakah batas itu akan terus berlaku ketika fitur resolusi tinggi diluncurkan.