Find Us On Social Media :

Begini Cara Pebisnis Kuliner Wingz O Wingz Beradaptasi di Masa Pandemi

By Liana Threestayanti, Selasa, 6 Juli 2021 | 21:30 WIB

Fery Yoga, Founder Wingz O Wingz.

Memanfaatkan data dan platform daring GrabFood, pebisnis kuliner asal Bandung dapat beradaptasi dan sukses di tengah pandemi.

Ketika membuka cabang ketiganya yang berlokasi di kawasan Antapani, Bandung, penyedia sajian sayap ayam Wingz O Wingz mulai menjajaki platform daring (online) untuk strategi penjualan dan pemasarannya. Bisnis kuliner milik Fery Yoga ini mendaftarkan diri sebagai mitra merchant GrabFood.  

Dan saat Wingz O Wingz baru saja membuka cabang di Bojongsoang yang relatif lebih kecil dan ditujukan untuk fokus melayani pengantaran online, pandemi COVID-19 mulai melanda Indonesia. Walhasil, manajemen Wingz O Wingz pun harus memutar otak agar bisnis dapat beradaptasi dan tetap relevan dengan kondisi konsumen yang tidak tidak bisa makan di gerai akibat pembatasan fisik. 

Bergabung di platform online, GrabFood, Wingz O Wingz menciptakan inovasi set menu makanan beku sehingga konsumen dapat menyiapkan sendiri hidangan chicken wings favoritnya di rumah.

Sebagai bagian dari ekosistem mitra merchant GrabFood, Wingz O Wingz juga mendapatkan dukungan berupa peralatan medis, seperti thermo gun dan kartu pencatatan suhu bagi mitra pengemudi, guna mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap protokol kesehatan.

Wingz O Wingz menyatakan bahwa strategi ini telah memudahkan adaptasi menghadapi pandemi. Cabang baru di Bojongsoang ini juga berhasil menjadi gerai yang memiliki jumlah pemesanan online yang kompetitif dibandingkan dengan gerai lainnya.

Selain inovasi menu dan penerapan protokol kesehatan, Wingz O Wingz juga aktif mempromosikan varian paket baru melalui GrabFood untuk menarik lebih banyak konsumen. 

Marketing Manager Wingz O Wingz, M.Muhlis, mengatakan bahwa Wingz O Wingz berkomitmen untuk tetap relevan bagi konsumen setianya dengan menghadirkan berbagai pilihan paket menu best deal di masa pandemi ini. Memanfaatkan GrabAds, iklan yang ditargetkan Wingz O Wingz di platform GrabFood dapat menjangkau lebih banyak konsumen baru. Fitur ini memungkinkannya membidik konsumen yang sudah menyukai hidangan ayam tetapi belum mengenai produk Wingz O Wingz sebelumnya.

Setahun pandemi, Wingz O Wingz kembali membuka dua cabang baru di wilayah Kopo dan Ujungberung dengan menerapkan segala inovasi dan adaptasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Ekspansi ini dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, khususnya di wilayah Bandung Timur. 

Dalam memutuskan ekspansi ini, tim pemasaran Wingz O Wingz memanfaatkan data interaksi konsumen di media sosial dan data distribusi pesanan GrabFood. Melalui data ini, Wingz O Wingz dapat mengidentifikasi daerah mana yang relatif jauh dari kota tapi memiliki penjualan yang cukup tinggi. Dengan informasi tersebut, Wingz O Wingz yakin dapat membuka gerai baru di Kopo dan Ujungberung agar lebih dekat dengan konsumennya dan memangkas ongkos kirim.

“Kami memulai bisnis kami dengan banyak rintangan, Wingz O Wingz menyadari bahwa mempertahankan bisnis yang sudah berjalan justru menjadi misi yang lebih menantang. Dengan bantuan teknologi digital, kami dapat mengamati perilaku konsumen kami dengan lebih mudah. Media sosial maupun GrabFood telah memberi kami bukti serta data yang akurat tentang permintaan konsumen kami. Datanya sudah tersedia, tinggal bagaimana kalmi memanfaatkannya untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dengan produk yang juga relevan untuk mereka. Pada akhirnya, semua strategi ini akan mendukung rencana ekspansi bisnis kami ke depannya,” papar M. Muhlis.

Hadi Koe, Head of Marketing GrabFood juga membenarkan betapa beratnya masa pandemi bagi bisnis kuliner Indonesia. Ia menjelaskan, “GrabFood telah melihat sendiri perjuangan para mitra merchant kami dan kami sangat takjub melihat ketangguhan mereka dalam mempertahankan operasional bisnisnya. Analisis data bisnis yang tepat dan lingkungan yang mendukung akan membuat bisnis terus berkembang, seperti Wingz O Wingz. Seiring dengan upaya kami untuk menjadi platform terbaik bagi UMKM, GrabFood meluncurkan GrabAcademy dan GrabMerchant AutoLaris yang bertujuan untuk memberdayakan mitra merchant kami dengan rangkaian webinar edukatif dan peluang untuk berbagi dengan sesama pelaku bisnis. Dukungan finansial juga diberikan kepada mitra merchant setia kami melalui Program Apresiasi Mitra di mana Grab memberikan cashback untuk mendorong lebih banyak pengembangan bisnis bagi mitra merchant terlepas dari ukuran maupun latar belakangnya.”