Find Us On Social Media :

LG Umumkan Secara Resmi Ketersediaan QNED Mini LED TV di Dunia

By Cakrawala, Kamis, 8 Juli 2021 | 09:00 WIB

Ilustrasi LG QNED Mini LED TV.

LG Electronics beberapa hari lalu mengumumkan secara resmi perihal ketersediaan lini QNED Mini LED TV-nya di dunia. Sebelumnya, pada awal tahun 2021, LG sudah mengumumkan akan menghadirkan QNED Mini LED TV secara global, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. LG menambahkan bahwa QNED Mini LED TV akan segera tersedia di Amerika Utara. Selanjutnya LG QNED Mini LED TV akan tersedia di berbagai negara di dunia mulai bulan Juli ini. Namun, LG tidak menyebutkan secara spefisik perihal waktu ketersediaan QNED Mini LED TV di Indonesia.

LG QNED Mini LED TV sendiri merupakan flagship dari lini LCD TV premium LG pada tahun 2021. LG mengeklaim QNED Mini LED TV memberikan lompatan besar dalam kualitas gambar yang dihadirkan oleh LCD TV. Pasalnya LG QNED Mini LED TV menggunakan Mini LED dan Quantum Dot NanoCell.

“LG QNED Mini LED TV menjadi bukti keberhasilan perusahaan dalam berinovasi dan membawa lompatan teknologi pada kategori LCD TV. Jajaran produk terkini TV LG ini sekaligus menjadi bukti keseriusan perusahaan untuk memperkukuh posisi kami dalam memimpin pasar TV premium melalui kehadiran produk kami yang inovatif,” ujar Park Hyoung-sei (President LG Home Entertainment Company).

Mini LED merujuk pada LED berukuran mini yang dimanfaatkan LG QNED Mini LED TV. Berkat ukuran LED yang lebih kecil dari LED yang biasa digunakan sebagai backlight pada LCD TV, jumlah Mini LED yang bisa dimanfaatkan sebagai backlight pada LCD TV berukuran sama adalah lebih banyak.

LG menyebutkan QNED Mini LED TV memiliki sebanyak 30.000 Mini LED sebagai backlight-nya. Ke-30.000 LED berukuran mini itu dikelompokkan pula ke dalam hampir 2.500 zona, tepatnya dimming zone. Dengan kata lain, LG QNED Mini LED TV memiliki hampir 2.500 zona yang tingkat kecerahannya bisa dinaikkan dan diturunkan sesuai konten secara individual. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari LCD TV yang masih menggunakan LED konvensional.

Jadi, LG QNED Mini LED TV bisa menampilkan gambar yang mengandung area terang dan gelap secara berdekatan dengan lebih baik; area yang terang bisa tampil terang tanpa membuat area yang gelap menjadi kurang gelap. Alhasil, LG QNED Mini LED TV mampu menghasilkan warna hitam yang lebih hitam dibandingkan LCD TV yang belum menggunakan Mini LED pada berbagai skenario.

Sementara, Quantum Dot pada Quantum Dot NanoCell — istilah NanoCell sudah digunakan LG pada lini NanoCell TV — merujuk pada partikel semikonduktor yang memiliki ukuran hanya beberapa nanometer. Quantum dot akan memancarkan cahaya dengan warna tunggal tertentu ketika terkena cahaya biru. Dengan kata lain, menambahkan quantum dot memungkinkan sumber cahaya biru menghasilkan cahaya merah, hijau, dan biru yang lebih presisi atau lebih "murni" dibandingkan sumber cahaya putih yang difilter. Merah, hijau, biru alias RGB (red, green, blue) sendiri merupakan warna dasar alias primer untuk cahaya.

Menggunakan quantum dot pada backlight LCD TV memungkinkan LCD TV tersebut menampilkan warna yang lebih cerah dan akurat, juga color gamut yang lebih baik, dari LCD TV yang menggunakan LED putih dengan filter. Itu pula kelebihan yang ditawarkan oleh LG QNED Mini LED TV dibandingkan LCD TV yang belum menggunakan quantum dot.

Adapun untuk ukurannya, LG QNED Mini LED TV akan tersedia dengan ukuran diagonal layar dari 65 inci sampai 86 inci. Pilihan resolusinya sendiri ada dua, yakni 8K dan 4K. Namun, LG tidak menyebutkan harga yang disarankan untuk QNED Mini LED TV ini.