Find Us On Social Media :

Mudahkan Desain MCU, MicroChip Hadirkan MPLAB Cloud Tools Ecosystem

By Cakrawala, Selasa, 6 Juli 2021 | 23:45 WIB

Microchip mengumumkan kehadiran MPLAB cloud tools ecosystem yang berikan kemudahan dalam melakukan desain memanfaatkan MCU.

Microchip Technology beberapa waktu yang lewat mengumumkan kehadiran MPLAB cloud tools ecosystem-nya di dunia. Microchip mengeklaim MPLAB cloud tools ecosystem mampu memberikan kemudahan dalam melakukan desain memanfaatkan MCU (microcontroller unit) PIC dan AVR. PIC (Peripheral Interface Controller) dan AVR (Alf and Vegard's RISC/Advanced Virtual RISC) sendiri merupakan dua keluarga MCU populer yang ditawarkan Microchip.

Microchip menyebutkan MPLAB cloud tools ecosystem menggabungkan kemudahan dari pencarian dan penemuan contoh kode, konfigurasi grafis dari aneka proyek, serta code debugging dalam suatu lingkungan yang kolaboratif. Dengan kata lain, memudahkan para desainer menemukan berbagai contoh kode serta melakukan konfigurasi proyek dan code debugging.

“Untuk meningkatkan pengalaman pengembangan dan membantu desainer mempercepat waktu ke pasar, platform baru ini menyediakan semua yang dibutuhkan desainer, mulai dari ide inovatif sampai produksi,” kata Rodger Richey (Direktur Senior Unit Bisnis Microchip Development Tools). “Tidak seperti alat yang memerlukan banyak aplikasi software dan penginstalan, IDE, serta layanan yang kompleks, ekosistem ini tidak memiliki persyaratan penginstalan dan dikembangkan sebagai lingkungan kerja yang intuitif dan mudah digunakan,” tegasnya lagi.

Merupakan perkakas cloud, MPLAB cloud tools ecosystem memiliki antarmuka yang berbasis peramban alias browser. Pengguna tidak perlu menginstal aplikasi. Antarmuka yang digunakan pun diklaim intuitif sejalan dengan MPLAB cloud tools ecosystem yang ditujukan Microchip untuk pengguna dengan berbagai tingkat keahlian.

Sejalan dengan yang telah disebutkan, MPLAB cloud tools ecosystem menggabungkan tiga komponen, yakni MPLAB Discover, MPLAB Code Configurator, dan MPLAB Xpress IDE (Integrated Development Environment). MPLAB Discover untuk pencarian berbagai hal yang dibutuhkan seperti contoh kode dan proyek, MPLAB Code Configurator untuk konfigurasi proyek secara grafis, sedangkan MPLAB Xpress IDE untuk pengembangan lebih lanjut dari proyek. Selain itu, proyek yang dikembangkan memanfaatkan MPLAB Xpress IDE juga bisa diunduh untuk diteruskan pengembangannya pada MPLAB X IDE yang bukan berbasis cloud.

Microchip menyediakan MPLAB cloud tools ecosystem secara gratis. Informasi lebih detail mengenai bisa dilihat di www.microchip.com/MPLABCloudTools.