Find Us On Social Media :

Kredivo Kerja sama dengan eFishery, Perluas Pembiayaan untuk Sektor Perikanan

By Rafki Fachrizal, Selasa, 9 Maret 2021 | 17:00 WIB

Ilustrasi Pembudidaya Ikan

Platform kredit digital Kredivo resmi melakukan penandatanganan kerja sama dengan eFishery, startup aquaculture intelligence pertama di Indonesia pada Jumat, 2 Juli 2021.

Lewat kerja sama tersebut, Kredivo memperluas akses pembiayaan ke para UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di sektor perikanan yang merupakan pengguna eFishery.

Kredivo akan terintegrasi dengan fitur Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) yang merupakan salah satu fitur dalam layanan eFisheryFund.

Fitur ini memungkinkan para UKM di sektor perikanan (pembudidaya ikan) untuk melakukan pembelian beragam keperluan budidaya atau produk-produk eFishery seperti eFisheryFeeder dan pakan ikan dengan berbagai merek melalui layanan eFisheryFeed dengan sistem pembayaran berkala.

Dengan menjadi salah satu mitra keuangan eFishery, Kredivo dapat memberikan fasilitas pinjaman langsung kepada pembudidaya melalui fitur Kabayan tersebut.

Umang Rustagi, CEO Kredivo Indonesia mengatakan, “Sektor agribisnis seperti perikanan merupakan sektor yang menurut kami perlu mendapatkan akses layanan keuangan yang mudah, cepat dan terjangkau mengingat kurangnya histori dan data transaksi keuangan bagi para pembudidaya yang menyebabkan mereka sulit mengakses layanan keuangan konvensional, terlebih di masa pandemi saat ini.”

Di sisi lain, Gibran Huzaifah, CEO dan Co-founder eFishery mengungkapkan, “Kami berharap dapat menjadi lokomotif dalam mengakselerasi Indonesia menjadi produsen akuakultur nomor satu di dunia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan akses permodalan kepada pembudidaya.”

Tercatat, hingga Mei 2021 eFishery telah bekerja sama dengan berbagai institusi finansial, dengan total pembiayaan yang telah disetujui mencapai lebih dari Rp100 Miliar yang disalurkan ke lebih dari 1.700 pembudidaya ikan di Indonesia.

“Lewat kerja sama dengan Kredivo kami berharap dapat menggandakan dampak yang kami berikan dengan memberikan dukungan bagi ribuan pembudidaya agar mereka bisa berkembang secara finansial,” tambah Gibran.

“Dengan terbukanya akses pembiayaan secara luas, pembudidaya dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan usahanya lebih jauh lagi, meningkatkan kesejahteraan mereka, dan pada akhirnya menjadikan industri perikanan lebih produktif melalui inklusi finansial yang sesungguhnya,” tambah Gibran.

Baca Juga: Begini Teknologi Image Recognition Diterapkan di Sektor Budidaya Ikan

Baca Juga: Investree dan eFishery Distribusikan Pembiayaan untuk Pembudidaya Ikan