Find Us On Social Media :

IDC: Belanja Infrastruktur Cloud Bertumbuh pada Kuartal Pertama 2021

By Cakrawala, Sabtu, 10 Juli 2021 | 21:00 WIB

IDC menyampaikan belanja infrastruktur cloud di dunia bertumbuh pada kuartal pertama 2021.

IDC awal bulan ini menyampaikan bahwa menurut produknya yang bertajuk "Worldwide Quarterly Enterprise Infrastructure Tracker: Buyer and Cloud Deployment", belanja infrastruktur cloud secara global pada kuartal pertama tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Secara spesifik, IDC menyebutkan belanja global terhadap produk-produk infrastruktur compute dan storage untuk infrastruktur cloud, termasuk yang dedicated maupun shared, adalah yang mengalami peningkatan yang dimaksud.

Adapun besarnya peningkatan yang dilaporkan oleh IDC adalah sebesar 12,5%. Dengan kata lain, belanja infrastruktur cloud di dunia pada kuartal pertama 2021 mengalami peningkatan sekitar 12,5% dibandingkan kuartal pertama 2020. Nilai belanja infrastruktur cloud secara global sendiri mencapai US$15,1 miliar pada kuartal pertama tahun ini.

Menariknya juga, belanja infrastruktur non-cloud di dunia turut mengalami peningkatan pada kuartal pertama 2021 dibandingkan kuartal pertama 2020. Sebelumnya, belanja infrastruktur non-cloud tersebut mengalami penurunan pada kuartal pertama tahun lalu dibandingkan kuartal pertama 2019. Besarnya peningkatan belanja infrastruktur non-cloud secara global pada kuartal pertama 2021 dibandingkan kuartal pertama 2020 adalah sekitar 6,3%. Nilainya sendiri adalah sebanyak US$13,5 miliar.

IDC meyakini bertumbuhnya belanja infrastruktur cloud dan non-cloud secara global pada kuartal pertama 2021 dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, adalah berkat pasar dunia yang pelan-pelan mulai bangkit dari pandemi COVID-19. IDC menyebutkan aneka sektor yang sebelumnya mengalami kehilangan pendapatan terbesar, kini mulai bertumbuh kembali. Selain itu, pandemi COVID-19 yang mengubah cara banyak anggota masyarakat dunia beraktivitas seperti bekerja dan belajar, dipercaya membuat ketergantungan terhadap cloud akan meningkat.

IDC pun memprediksikan belanja infrastruktur cloud di dunia akan bertumbuh sebesar 12,9% pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020. Alhasil, besaran belanja infrastruktur cloud pada tahun ini diperkirakan akan mencapai US$74,6 miliar. Begitu pula dengan belanja infrastruktur non-cloud global yang diprediksikan bertumbuh tahun ini setelah berturut-turut menurun selama dua tahun. IDC memperkirakan belanja infrastruktur non-cloud di dunia akan bertumbuh sebanyak 2,7% pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020, sehingga mencapai nilai sejumlah US$58,5 miliar.