Find Us On Social Media :

Demi Super Apps, AirAsia Caplok Bisnis Gojek di Thailand

By Adam Rizal, Minggu, 11 Juli 2021 | 13:30 WIB

Air Asia Digital

AirAsia mengambil alih bisnis Gojek di Thailand sekaligus bertransformasi menjadi perusahaan digital.

AirAsia mengumumkan bahwa Gojek akan memperoleh 4,76 persen saham AirAsia Digital, sebuah bisnis super apps dari maskapai asal Malaysia tersebut.

Jumlah saham itu setara dengan 50 juta dolar AS (sekitar Rp 726,1 miliar) - harga untuk menebus bisnis Gojek di Thailand.

Aksi AirAsia ini menunjukkan bahwa perusahaan yang dibangun oleh Tony Fernandes itu ingin bersaing dengan Gojek dan Grab, dua raksasa digital di Asia Tenggara.

"Dengan mengambil alih bisnis Gojek di Thailand, kami bisa melesatkan ambisi untuk menjadi penantang superapp utama di ASEAN," kata Fernandes seperti dikutip Nikkei.

Aplikasi Gojek di Thailand masih akan beroperasi sampai akhir Juli, sebelum digantikan oleh aplikasi AirAsia Digital pada Agustus mendatang.

Sementara Gojek mengatakan bahwa dengan kemitraan itu, pihaknya bisa lebih fokus untuk membangun bisnis di Vietnam dan Singapura, tentu saja selain di Indonesia.

"Saat kami melihat di mana kami bisa mengerahkan produk dan sumber daya engineering, bukan hanya modal... kami memutuskan bahwa prioritas kami adalah untuk berinvestasi di Singapura dan Vietnam," kata CEO Gojek, Kevin Aluwi.

Kevin menambahkan bahwa pembicaraan dengan AirAsia sudah berlangsung sejak dua bulan lalu. Ia juga mengatakan, yang diamini oleh Fernandes, bahwa Gojek dan AirAsia membuka kemungkinan untuk bekerja sama di luar Thailand.