Find Us On Social Media :

OPPO Prediksi Penerapan Teknologi 6G Akan Dimulai Tahun 2025

By Dayu Akbar, Kamis, 15 Juli 2021 | 13:25 WIB

Meski layanan jaringan 5G bisa belum berjalan secara penuh, namun OPPO sudah mengumumkan rancangan pengembangan teknolopgi 6G.

Bahkan OPPO telah membentuk tim pra-penelitian untuk melakukan studi awal terkait layanan berbasis 6G dan persyaratannya, teknologi utama, dan fitur sistem. Teknologi 6G ini nantinya akan diaplikasikan kedalam jaringan komunikasi di masa depan berbasis AI (Artificial Intelligent).Hal ini terungkap dalam white paper berjudul "6G AI-Cube Intelligent Networking" yang diterbitkan OPPO Research Institute.Chief Creative Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen mengatakan, "Dengan penerapan teknologi 6G, perangkat cerdas akan menggunakan AI untuk mengunduh dan menerapkan algoritma dalam menjalankan berbagai fungsi sehingga menghadirkan pengalaman baru yang lebih luas bagi para pengguna. Dalam waktu yang bersamaan, AI juga akan mengumpulkan data untuk pengembangan AI model yang berkelanjutan." Salah satu contoh penerapan AI adalah dalam pengembangan kendaraan tanpa pengemudi. Teknologi 6G akan menerapkan algoritme AI dengan tepat dan memungkinkan koneksi komunikasi yang optimal berdasarkan lokasi dan lingkungan fisik kendaraan.

Kendaraan akan secara otomatis mengunduh dan menjalankan algoritme AI yang telah dimiliki oleh kendaraan dan perangkat lain yang sudah ada. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama perjalanan.OPPO Chief 5G Scientist, Henry Tang mengatakan, "Penerapan teknologi komunikasi yang super cangih seperti ini diharapkan akan dimulai pada tahun 2025, dan penerapannya secara komersial diperkirakan akan dimulai pada tahun 2035." "Melihat ke depan hingga tahun 2035, OPPO mengharapkan jumlah perangkat yang memanfaatkan teknologi AI di dunia ini akan jauh melebihi jumlah populasi manusia. Oleh karena itu, teknologi 6G sebagai teknologi komunikasi masa depan harus mampu memenuhi kebutuhan manusia dan mendukung fungsi AI lainnya. Dengan tujuan ini, kami telah melakukan studi teknis awal dan rancangan desain sistem," lanjut Henry.

OPPO akan terus melakukan pra-penelitian terkait teknologi 6G yang akan membantu pembentukan standar 6G secara global dalam waktu dekat. Sebagai kontributor utama dalam mempopulerkan 5G, OPPO juga akan terus bekerja sama dengan mitranya untuk mempromosikan dan mengomersialisasi teknologi 5G dalam skala besar.