Find Us On Social Media :

Silicon Power Hadirkan PD60 yang Ubah SSD M.2 Jadi SSD Portabel

By Cakrawala, Senin, 19 Juli 2021 | 09:00 WIB

Silicon Power PD60.

Silicon Power minggu lalu mengumumkan kehadiran enclosure barunya, PD60, di dunia. Silicon Power PD60 merupakan enclosure yang ditujukan untuk "mengubah" SSD M.2 menjadi menyerupai SSD portabel. Penggunaan SSD M.2 untuk consumer sendiri umumnya adalah sebagai SSD internal pada PC desktop dan laptop. Dengan memasangkan SSD M.2 itu pada Silicon Power PD60, pengguna bisa mendapatkan media simpan eksternal yang cukup ringkas dan ringan menyerupai SSD portabel.

Adapun antarmuka untuk SSD M.2 yang didukung adalah PCI Express dan SATA. Key M.2 yang digunakan Silicon Power PD60 adalah M yang sewajarnya mendukung PCI Express x4 dan SATA 6 Gbps. Namun, Silicon Power tidak menyebutkan versi PCI Express-nya. Sementara, antarmuka untuk menghubungkan Silicon Power PD60 ke PC desktop dan laptop adalah USB 3.2 Gen 2 Type-C. Suplai dayanya pun diperoleh melalui porta USB Type-C yang digunakan.

USB 3.2 Gen 2 sendiri menawarkan kecepatan transfer teoritis maksimal sekitar 1,21 GB/s. Alhasil, bila SSD M.2 yang dipasangkan pada Silicon Power PD60 memiliki kecepatan transfer yang tinggi, tentunya dengan asumsi PCI Express yang digunakan enclosure bersangkutan memang benar memadai, kinerjanya akan terhambat oleh USB 3.2 Gen 2. Pasalnya, PCI Express 3.0 x4 misalnya menawarkan kecepatan transfer teoritis maksimal sekitar 3,94 GB/s. Namun, kecepatan transfer di atas 1 GB/s tentu jauh lebih cepat dari kebanyakan HDD portabel. Kecepatan transfer itu pun jauh lebih cepat dari SSD dengan antarmuka SATA.

Hadir dengan dimensi 10,22 x 2,81 x 1,26 cm dan bobot 38 gr, seperti telah disebutkan, Silicon Power PD60 cukup ringkas dan ringan. Bobot akhir dari Silicon Power PD60 setelah menampung SSD M.2 tentu akan bertambah dengan bobot dari SSD M.2 itu sendiri; umumnya jauh lebih ringan. Adapun form factor M.2 yang didukung Silicon Power PD60 adalah 2230, 2242, 2260, dan 2280. Selain itu, Silicon Power menegaskan PD60 memiliki bodi aluminium yang tak hanya cukup ringan, melainkan juga cukup kuat untuk melindungi SSD M.2 yang terpasang. Bodi tersebut juga memiliki kemampuan membuang panas yang lebih baik, misalnya dibandingkan kebanyakan plastik.

Ketersediaan dari PD60 sendiri beserta harganya tidak disebutkan oleh Silicon Power. Dengan kata lain, belum diketahui kapan Silicon Power PD60 tersedia di tanah air.