Find Us On Social Media :

Acer Swift X dilengkapi NVIDIA GeForce RTX 3000 series, Harganya?

By Dayu Akbar, Minggu, 25 Juli 2021 | 14:45 WIB

Acer meluncurkan laptop seri Acer Swift X yang menggunakan spesifikasi agak berbeda. Seri Swift sendiri merupakan laptop Acer yang fokus pada desain tipis dan ringan. Untuk ketahanan, bodinya ditopang dengan sasis berbahan logam premium dan kuat. Dengan bobot 1,3 kg dan ketebalan 17,9 mm, laptop ini memang ditujukan bagi pengguna yang sering bepergian atau bekerja dari mana saja. Dan biasanya chip grafis yang digunakannya pun sekelas Intel HD Graphics, AMD radeon Graphics, ataupun NVIDIA GeForce seri MX. Yang agak berbeda, kali ini Acer Swift X sudah menggunakan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 series. Seperti diketahui chip grafis tersebut biasanya digunakan untuk laptop gaming. Deengan hadirnya chip grafis tersebut, Acer ingin menghadirkan performa grafis yang lebih tinggi. Untuk penggunaan, chip grafis ini memang tidak hanya ditujukan untuk gaming, tetapi juga untuk kebutuhan produktivitas kreatif pada kreator konten.

Baca Juga: Acer Swift X Jadi Seri Swift Terbaru dengan Chip Grafis DiskritSecara spesifik, chip grafis yang digunakannya yaitu NVIDIA GeForce RTX 3050 4 GB GDDR6 yang merupakan chip gaming di kelas entry level. Untuk prosesornya menggunakan AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processor yang dibangun di atas arsitektur core AMD Zen 3 dan teknologi proses 7nm. Lini prosesor tersebut diklaim mampu memberikan peningkatan performa sebesar 23% dibanding generasi sebelumnya.                                                                                                    Acer Swift X (SFX14-41G) tersedia dalam varian prosesor hingga AMD Ryzen 7 5800U dan memori RAM 16 GB LPDDR4X. Kombinasi tersebut membuat Acer Swift X mampu menjalankan bermacam program dan tugas paling menuntut seperti desain grafis, photo editing, rendering, 3D modeling, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tak Hanya Laptop, Acer Bakal Jual Perangkat SSD dan RAM Buatan CinaUntuk penyimpanan, disediakan dua slot SSD NVMe berkecepatan tinggi. Sementara baterainya memiliki kapasitas 59 watt yang menawarkan daya tahan penggunaan hingga 14 jam serta fitur pengisian cepat.

Layarnya menggunakan panel IPS 14 inci beresolusi Full HD dengan bezel ramping menghasilkan rasio layar-ke-bodi sebesar 85,73%. Akurasi warna layar menjadi aspek unggul lain yang dibawa laptop ini, dengan cakupan spektrum warna hingga 100% sRGB. Keunggulan tersebut membuat pekerjaan yang menuntut keakuratan warna menjadi mudah karena dapat menghasilkan warna sesuai aslinya, juga sajikan tampilan visual keseluruhan yang menawan. Untuk kenyamanan, laptop ini dilengkapi dengan sistem pendingin yang menggunakan desain kipas baru. Desain ini memberikan peningkatan aliran udara hingga 20% lebih baik dari generasi sebelumnya. Desain Air Inlet Keyboard turut semakin menunjang akses ventilasi udara yang lebih luas, memungkinkan aliran udara tambahan masuk dari panel keyboard membuat laptop untuk dalam keadaan optimal dan temperatur yang terkendali.

Baca Juga: Acer Luncurkan Laptop Canggih Terbaru dengan Ryzen 5000 di CES 2021 Fitur unggulan lainnya yaitu sensor sidik jari untuk akses masuk lebih aman dan mudah melalui Windows Hello, teknologi Acer BlueLightShield untuk membantu mengurangi ketegangan mata selama sesi pengeditan dalam waktu yang lama, serta asisten virtual Cortana yang dapat diaktifkan dengan perintah suara sederhana. Ini termasuk fitur Modern Standby dan Wake on Voice untuk mengistirahatkan perangkat secara otomatis di kondisi minim penggunaan. Dalam hal kualitas suara, Acer Swift X telah dilengkapi dengan teknologi AI-enhanced noise suppression yang dapat membuat kualitas suara lebih baik saat conference call. Acer Swift X (SFX14-41G) ditawarkan mulai dari harga Rp15.499.000 termasuk productivity package berupa Microsoft Office Home and Student 2019 senilai Rp1.799.000 yang bisa digunakan seumur hidup.