Find Us On Social Media :

WhatsApp Pasang Sistem Keamanan Enkripsi End-to-end pada Cloud Storage

By Adam Rizal, Selasa, 20 Juli 2021 | 09:30 WIB

WhatsApp

WhatsApp terus meningkatkan sistem keamanan platformnya. Kali ini WhatsApp melengkapi perlindungan enkripsi end-to-end untuk cadangan obrolan yang disimpan di cloud.

WhatsApp memang menggunakan enkripsi end-to-end pada obrolan setiap pengguna. Hal itu membuat orang luar tidak dapat mengakses informasi dari obrolan tersebut. Sayangnya, perlindungan itu tidak mencakup cadangan yang pengguna simpan di cloud.

Nantinya, WhatsApp akan menghadirkan update perlindungan terbaru yaitu WhatsApp Android 2.21.15.5. Kehadiran update itu membuat pengguna tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan cadangan obrolan di cloud seperti dikutip Gizchina.

Pengguna harus membuat sebuah kata sandi untuk mengenkripsi cadangan obrolannya yang ada di cloud. Pengguna harus mencatat kata sandi ini, apabila lupa WhatsApp tidak akan dapat membantu memulihkan akses dengan cara apapun. Pengguna akan secara permanen kehilangan akses ke cloud.

“Untuk melindungi cadangan Anda yang terenkripsi, Anda perlu membuat kata sandi dan menggunakannya ketika memulihkan cadangan,” tulis deskripsi WhatsApp terkait fitur ini dalam tangkapan layar oleh WABETAInfo.

“Cadangan Anda yang terenkripsi tidak dapat dipulihkan apabila apabila Anda kehilangan ponsel dan lupa kata sandi," lanjutnya.

Saat ini pengguna sudah dapat menggunakan fitur ini dengan mengunduh WhatsApp versi beta atau dapat menunggu fitur siap meluncur versi publik.

Selain itu, WhatsApp juga sedang menguji versi perangkat lunak yang dapat berjalan secara bersamaan di beberapa perangkat. Kemampuan ini dikatakan juga mendukung enkripsi end-to-end, terlepas dari smartphone yang terhubung.