Find Us On Social Media :

WhatsApp: Kini Bergabung ke Panggilan Grup Bisa Dilakukan Kapan Saja

By Cakrawala, Senin, 19 Juli 2021 | 23:55 WIB

Ilustrasi panggilan grup di WhatsApp.

WhatsApp malam ini mengumumkan secara resmi kehadiran fitur baru pada platformnya di Indonesia. Disebut dengan "Joinable Call", fitur baru tersebut diklaim WhatsApp membuat pengguna bisa bergabung dengan panggilan grup yang tengah berlangsung. Dengan kata lain, kini bergabung ke panggilan grup bisa dilakukan oleh pengguna kapan saja, tentunya selama panggilan grup tersebut masih berlangsung. Jadi, pengguna yang terlewat menjawab panggilan grup saat panggilan dimulai, sekarang tetap bisa bergabung dengan panggilan grup bersangkutan sesaat kemudian.

WhatsApp menyebutkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di berbagai belahan dunia, berkumpul bersama teman dan keluarga dalam panggilan grup menjadi terasa lebih menyenangkan. Begitu pula sebaliknya, melewatkan panggilan grup tersebut juga bisa terasa lebih mengecewakan. Selain itu, WhatsApp menilai sebagian percakapan yang paling berkesan justru terjadi pada saat paling tidak terduga. Hal-hal itu yang menjadi sebagian faktor WhatsApp menghadirkan fitur Joinable Call.

WhatsApp pun menambahkan bahwa fitur baru tersebut akan menghadirkan informasi seputar panggilan grup. Informasi yang dimaksud mencakup siapa saja yang sedang bergabung dengan panggilan grup; serta siapa saja yang telah diundang, tetapi belum bergabung dengan panggilan grup. Pengguna bisa pula mengetuk pilihan [Abaikan] dan tetap berkesempatan untuk bergabung nantinya. Begitu pula dengan pengguna yang keluar; bisa bergabung kembali.

Informasi lebih lengkap mengenai cara menggunakan fitur baru yang diumumkan WhatsApp ini bisa dilihat di https://faq.whatsapp.com/android/voice-and-video-calls/how-to-make-a-group-video-call. WhatsApp tak ketinggalan menegaskan bahwa Joinable Call tetap dilindungi oleh enkripsi dari ujung ke ujung.