Find Us On Social Media :

Alef Platform Bantu Siswa Madrasah di Indonesia Belajar Matematika

By Indah PM, Rabu, 21 Juli 2021 | 09:00 WIB

Penandatanganan MoU antara Alef Education dan Kementerian Agama pada November 2020.

Memasuki tahun ajaran baru, siswa kelas 7 di madrasah seluruh Indonesia akan bisa melakukan pembelajaran matematika melalui Alef Platform yang berbasis Artificial Intelligence (AI).

Pembelajaran digital yang disampaikan oleh Alef Platform telah diselaraskan dengan standar kurikulum Indonesia dan menggunakan metode GASING untuk mendukung prestasi siswa.

Sebelumya, Alef Education dan Kementerian Agama telah menandatangani kesepakatan pada November tahun lalu, untuk mentransformasi sektor pendidikan Indonesia menggunakan teknologi pendidikan canggih yang dapat disesuaikan bagi kebutuhan siswa.

Geoffrey Alphonso, CEO Alef Education, mengatakan bahwa Alef Education berkomitmen untuk mengubah industri pendidikan global, dan masuknya Alef ke Indonesia merupakan ekspansi internasional terbesar dan paling strategis yang mereka lakukan hingga saat ini.

“Kami sangat senang dapat memperluas layanan kami ke Indonesia melalui kemitraan dengan Kementerian Agama, dan kami harap siswa di Indonesia dapat menikmati pendekatan baru untuk belajar melalui platform kami. Alef Platform sendiri adalah mitra pembelajaran digital yang masih belum memiliki tandingan untuk sekolah-sekolah di seluruh dunia, dimana siswa dapat menyesuaikan pengalaman belajar sesuai kebutuhan mereka. Platform ini adalah alat yang sempurna untuk lingkungan belajar jarak jauh, karena memungkinkan jajaran sekolah hingga kementerian untuk meningkatkan hasil belajar sembari menyampaikan pelajaran yang menarik dan menyenangkan,” urai Geoffrey melalui diskusi virtual, medio Juli 2021.

Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama Indonesia), menyatakan bahwa lanskap pendidikan telah mengalami pergeseran paradigma, terutama karena pandemi COVID-19. Maka dari itu, menjadi penting untuk meningkatkan standar pendidikan yang kepada siswa, sekaligus melengkapi gaya belajar tradisional melalui solusi pembelajaran digital seperti Alef Platform.

“Alef Education adalah pemimpin teknologi pendidikan global yang telah merevolusi pendidikan, dan kami senang sekali dapat bekerja sama dengan mereka untuk memodernisasi pengalaman belajar siswa. Implementasi Alef Platform akan mendukung tujuan kami untuk meningkatkan nilai pada Programme for International Student Assessment (PISA) serta literasi numerik untuk siswa madrasah di bawah Kemenag,” jelas Yaqut.

Produk unggulan dari Alef Education, Alef Platform, juga memberikan dukungan pada pengajar dalam menyampaikan konten menarik yang disesuaikan dengan kurikulum mereka, terutama dalam aspek penilaian dan manajemen siswa.

Platform ini menghasilkan data real-time untuk menyampaikan feedback yang relevan dan tepat waktu kepada siswa dan guru. Hal inilah yang membantu memungkinkan terjadinya proses transformatif dalam sektor pendidikan dan menjadi poin penting dari keberhasilan Alex Platform.

Sistem terpusat yang dimiliki juga memanfaatkan Machine Learning dan Big Data untuk menyediakan actionable data dan rekomendasi intelijen nan akurat kepada Kementerian Agama demi meningkatkan prestasi siswa. Sejak awal didirikannya, Alef Education telah mengubah kehidupan lebih dari 120 ribu siswa di lebih dari 400 sekolah di UEA, AS, Kanada, dan kini bertambah 500 ribu siswa di Indonesia.