Find Us On Social Media :

Intel Umumkan Kehadiran Core Generasi ke-11 Tiger Lake H di Indonesia

By Cakrawala, Kamis, 22 Juli 2021 | 22:15 WIB

Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H.

 

Intel minggu lalu mengumumkan kehadiran lini Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake H di Indonesia. Lini prosesor ini secara global telah diumumkan sekitar dua bulan lalu, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Lini Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H sendiri melengkapi lini prosesor Intel Core Generasi ke-11 untuk perangkat mobile seperti laptop dan 2 in 1. Tahun lalu, Intel lebih dulu mengumumkan kehadiran lini Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake UP3 dan Tiger Lake UP4 yang menyerupai seri U dan seri Y.

Sebagai seri H, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H ditujukan untuk perangkat mobile yang lebih bertenaga dibandingkan Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake UP3 dan Intel Tiger Lake UP4. Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H memiliki jumlah core CPU yang lebih banyak, serta sejalan dengan itu, TDP (thermal design power) yang lebih tinggi. Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H memiliki jumlah core CPU sebanyak enam atau delapan dengan TDP "resmi" yang bisa dikonfigurasi sampai 45 W. Pengecualiannya adalah varian tertinggi, Intel Core i9-11980HK, yang bisa sampai 65 W.

Sebenarnya, sebelum mengumumkan kehadiran Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake H, Intel sudah mengumumkan kehadiran Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake H35. Namun, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H35 memiliki jumlah core CPU yang sama dengan beberapa SKU (stock keeping unit) Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake UP3 dan Intel Tiger Lake UP4, hanya saja TDP-nya lebih tinggi. Dengan kata lain, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H35 memiliki jumlah core CPU sebanyak empat dan TDP yang bisa dikonfigurasi sampai 35 W dan bukannya sampai 28 W seperti Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake UP3.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Comet Lake H; Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H sudah menggunakan arsitektur baru dan technology node baru. Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H menggunakan arsitektur dan technology node yang sama dengan Intel Core Generasi ke-11 ber-codename Intel Tiger Lake UP3, bukan lagi yang berbasiskan Intel Skylake dan 14 nm.Oleh karea itu, peningkatan yang ditawarkan Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H terhadap Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Comet Lake H, lebih tinggi dari yang ditawarkan Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake H dibandingkan generasi sebelumnya. Intel mengeklaim Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake H menawarkan peningkatan IPC (instructions per cycle) sebesar 12% untuk single-threaded dan sebesar 19% untuk multithreaded dibandingkan Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake H.

Sementara, dibandingkan kompetitornya, Intel mengeklaim Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake H menawarkan kinerja yang lebih baik pula. Pada aplikasi produktivitas tertentu misalnya, Intel menyebutkan Intel Core i9-11980HK menawarkan kinerja yang lebih tinggi 18% sampai 24% dari AMD Ryzen 9 5900HX. Begitu pula pada gim tertentu, Intel menyebutkan Intel Core i9-11980HK menawarkan kinerja yang lebih tinggi 17% sampai 26% dari AMD Ryzen 9 5900HX. Ryzen 9 5900HX sendiri merupakan salah satu varian teratas masa kini untuk perangkat mobile dari AMD.

"Di Intel kami menantang diri kami untuk memajukan PC dan membuatnya lebih baik. Dan hari ini kami bersemangat untuk meluncurkan prosesor mobile single-threaded tercepat di dunia untuk bermain gim dan pembuatan konten, Generasi ke-11 kami Intel Core seri H. Prosesor mobile Intel Core seri H adalah arsitektur Generasi ke-11 terkini kami, dipimpin oleh flagship Core i9-11980HK, prosesor untuk bermain gim terbaik di dunia. Ia menghadirkan kecepatan sampai 5 GHz dan kinerja tertinggi pada laptop untuk pemain gim, kreator konten, dan profesional bisnis," ujar Thomas Tapsas (Director of Retail Sales, Asia Pacific and Japan Territory, Intel).

Berhubung untuk perangkat mobile, kehadiran Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H tentunya melalui perangkat mobile, bukannya seperti prosesor desktop yang bisa dibeli secara tersendiri oleh konsumen pada umumnya. Bersama pengumumkan kehadiran Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H di Indonesia, berbagai vendor perangkat mobile juga mengumumkan kehadiran produknya yang ditenagai Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H itu di Indonesia. Setidaknya aneka perangkat tersebut akan tersedia di tanah air dalam waktu dekat. Vendor yang mengumumkan produknya adalah Acer, ASUS, HP, Lenovo, dan MSI. Beberapa produk dari para vendor ini yang hadir atau akan hadir di Indonesia bisa dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Beberapa produk yang ditenagai Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H yang hadir atau akan hadir di Indonesia.