Find Us On Social Media :

Bisnis Tumbuh hingga 300%, Dailybox Langsung Raih Pendanaan Seri A

By Dayu Akbar, Jumat, 23 Juli 2021 | 10:00 WIB

Dailybox, salah satu startup F&B on-demand, mengumumkan pendanaan seri A yang dipimpin oleh Vertex Ventures SEA beserta Kinesys Group. Meski nominalnya tidak disebutkan, namun pendanaan tersebut menunjukkan keberhasilan Dailybox dalam meraih kepercayaan para investor atas eksistensi bisnisnya di tengah situasi pandemi COVID-19.  Kondisi tersebut nyatanya tidak menghalangi pertumbuhan bisnis Dailybox. Pada bulan Maret 2021, gross revenue (pendapatan kotor) Dailybox secara grup juga telah berhasil bertumbuh hingga 700% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Startup GudangAda Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp1,5 Triliun Selain pertumbuhan gross revenue, Dailybox juga mengalami peningkatan pada jumlah gerainya. Kurang dari setahun, jumlah gerai Dailybox di tahun 2020 telah tumbuh hingga 300%. Bahkan, Dailybox berhasil menjadi F&B brand yang memiliki jumlah cloud kitchen terbanyak di Indonesia, dengan jumlah total mencapai ratusan gerai pada semester awal 2021. Dailybox menargetkan untuk terus melakukan ekspansi dan menggandakan jumlah total gerainya pada akhir tahun ini.  Kelvin Subowo, Co-Founder dan CEO Dailybox menyatakan, “Saat ini, Dailybox telah hadir di beberapa kota termasuk di Pulau Jawa, Sumatera Utara dan juga Bali. Pada bulan Agustus 2021, kami berencana akan membuka gerai pertama kami di Kalimantan, tepatnya di kota Pontianak. Ke depannya, kami berharap dapat menjadi brand F&B lokal terbesar yang dapat memperkenalkan masakan nusantara tidak hanya di Indonesia tapi juga Asia Tenggara dan bahkan seluruh dunia.”

Baca Juga: Raih Pendanaan Seri B1, Qlue Siap Ekspansi Bisnis ke Pasar GlobalPertumbuhan bisnis Dailybox berbanding lurus dengan prediksi pertumbuhan industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara. Laporan Google Temasek, Bain & Company tahun 2020 menyatakan bahwa Gross Merchandise Volume (GMV) industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara diprediksi akan mencapai USD 23 miliar pada tahun 2025. Angka tersebut menunjukkan kuatnya tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun (Compound Annual Growth Rate) di industri layanan pesan antar makanan yang mencapai hampir 30%.  “Selama pandemi, 80% omzet penjualan Dailybox bahkan berasal dari layanan pesan antar makanan online. Angka tersebut sejalan dengan fokus utama bisnis Dailybox yang berfokus pada layanan pesan antar makanan,” tambah Kelvin.   Dailybox merupakan bagian dari The Daily Group yang juga menaungi beberapa brand F&B lainnya seperti menu sushi to-go, Shirato dan minuman segar, Anytime.