Find Us On Social Media :

Syarat dan Ketentuan Penggunaan WhatsApp Paling Bikin User Penasaran

By Liana Threestayanti, Minggu, 25 Juli 2021 | 17:45 WIB

Ilustrasi syarat dan ketentuan.

Penelitian yang dilakukan Reboot Online Marketing mengungkapkan aplikasi mana yang syarat dan ketentuan penggunaanya paling membuat pengguna penasaran.

Di era digital ini, sulit rasanya untuk tidak eksis di jagat maya. Sebagian besar dari kita pasti memiliki setidaknya memiliki dan aktif di satu media sosial, platform komunikasi, dan atau platform e-commerce.  

Namun tak sedikit pula dari kita yang penasaran dan atau khawatir tentang hal-hal terkait hukum yang harus kita setujui sebelum kita bisa mulai menggunakan sebuah aplikasi online 

Melihat hal tersebut, Reboot Online Marketing menggunakan tool analytics daring Ahrefs untuk mencoba mengetahui aplikasi apa yang syarat dan ketentuan, serta kebijakan privasinya paling membuat pengguna penasaran.

Hasilnya, ada sepuluh aplikasi yang teridentifikasi oleh Ahrefs sebagai aplikasi yang syarat dan ketentuan serta kebijakan privasinya paling membuat pengguna penasaran. 

WhatsApp menduduki posisi teratas dengan adanya rata-rata 29.640 pencarian daring global per bulan tentang syarat dan ketentuannya.

Di posisi kedua ada Discord. Tool analytics Ahrefs mencatat adanya rata-rata 15.750 pencarian online tentang syarat dan ketentuan serta kebijakan privasinya, dalam satu bulan di seluruh dunia. 

Sedangkan Instagram menduduki peringkat ketiga dengan rata-rata pencarian 13.400 setiap bulannya. 

Aplikasi lainnya yang mencatatkan pencarian lebih dari 9000 per bulannya adalah Facebook (9,600) dan YouTube (9.300). Sedangkan di posisi ke-10 ada Amazon dengan rata-rata 1.500 pencarian global setiap bulan. 

Tak berhenti di situ, Reboot Online Marketing juga mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan user untuk membaca ketentuan dan kebijakan penggunaan dari 10 aplikasi tersebut.

Hasil temuan Reboot Online Marketing memperlihatkan syarat dan ketentuan aplikasi Shopify membutuhkan waktu paling lama untuk membacanya, yaitu rata-rata 76,7 menit. Sedangkan waktu tersingkat untuk membaca syarat dan ketentuan ditemukan pada aplikasi Instagram, yaitu sekitar 25,7 menit. 

Sementara aplikasi dengan privacy policy yang membutuhkan waktu paling lama untuk membacanya adalah PayPal, yaitu 53,3 menit, dan waktu paling singkat ditemukan pada privacy policy Shopify, yaitu sekitar 12,4 menit. 

Nah, aplikasi mana yang dua ketentuan hukumnya itu membutuhkan waktu paling lama untuk membacanya? Menurut penelitian Reboot Online Marketing, PayPal menduduki peringkat pertama dengan waktu sekitar 92 menit untuk membaca syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi serta kebijakan privasinya. Berikutnya ada Shopify (89,1 menit), Amazon (82,7 menit), WhatsApp (81,4 menit), dan Twitter (81,1 menit).