Find Us On Social Media :

Qualcomm dan Foxconn Luncurkan Gloria AI Edge Box untuk AI di Edge

By Cakrawala, Senin, 26 Juli 2021 | 23:50 WIB

Ilustrasi Qualcomm Cloud AI 100 yang digunakan Gloria AI Edge Box dari Foxconn.

Qualcomm Technologies Inc. dan Foxconn Industrial Internet hari ini mengumumkan kerja samanya dalam merancang, manufaktur, dan meluncurkan Gloria AI Edge Box di dunia. Gloria AI Edge Box adalah perangkat yang ditujukan untuk komputasi AI (artificial intelligence) di edge, tepatnya AI inference di edge. Gloria AI Edge Box ditenagai oleh Qualcomm Cloud AI 100 untuk keperluan inference tersebut.

Cloud AI 100 sendiri merupakan akselerator untuk AI inference yang awalnya diumumkan Qualcomm pada tahun 2019 lalu. Qualcomm mengeklaim Cloud AI 100 menawarkan kinerja AI inference yang unggul dari sisi kinerja per daya dibandingkan pesaingnya. Qualcomm dan Foxconn menyampaikan pula bahwa BKAV Corporation adalah konsumen pertama yang akan men-deploy Gloria AI Edge Box. BKAV Corporation adalah perusahaan elektronik dan keamanan peranti lunak dari Vietnam.

“Kami sangat senang untuk bekerja sama dengan Foxconn Industrial Internet dan mendukung BKAV dalam mempercepat adopsi dari aneka aplikasi intelligent edge,” ujar Keith Kressin (SVP & GM, Computing & Edge Cloud, Qualcomm Technologies, Inc.). “Kami mengantisipasi area luas pengadopsian platform Gloria milik Foxconn Industrial Internet yang menggunakan solusi AI terdepan kami dalam performa per watt, Qualcomm Cloud AI 100. Kami berharap pengadopsian Gloria untuk pelanggan dapat mendukung berbagai area seperti pusat ritel, gudang, pusat data, dan pabrik,” tambahnya.

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies untuk mengembangkan dan mengumumkan ketersediaan Gloria AI Edge Box yang luar biasa,” kata Dr. Tai-Yu Chou (CTO of Foxconn Industrial Internet dan President of Foxconn Industrial Internet Cloud Enterprise Solution Business Group).

Qualcom dan Foxconn menambahkan bahwa Gloria AI Edge Box menawarkan kemampuan AI inference sebesar 70 TOPS (trillion operations per second). Produk akhir Qualcomm Cloud AI 100 sendiri hadir dalam beberapa form factor dan menawarkan kemampuan AI inference yang beragam. Selain Qualcomm Cloud AI 100, Gloria AI Edge Box juga memanfaatkan Qualcomm Snapdragon 865 Mobile Platform. Kombinasi ini membuat Gloria AI Edge Box diklaim bisa mendukung sampai 24 kamera Full HD untuk keperluan video analytics seperti analisis lalu lintas dan analisis keamanan.

Berhubung menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 Mobile Platform, Gloria AI Edge Box juga memiliki opsi untuk menggunakan Snapdragon X55 5G Modem-RF System. Dengan modem tersebut, Gloria AI Edge Box bisa mendukung 5G, baik yang sub-6 GHz maupun yang mmWave. Dukungan koneksi seluler memudahkan penempatan Gloria AI Edge Box. Selain itu, Foxconn menegaskan Gloria AI Edge Box dirancang pula untuk mendukung penggunaan pada lingkungan dengan suhu tinggi, baik di dalam maupun di luar ruangan.

AI edge box on-premises Gloria yang diproduksi oleh Foxconn Industrial Internet akan memungkinkan kami untuk mendemonstrasikan kinerja luar biasa dengan daya rendah pada suatu harga yang kompetitif,” kata Nguyen Tu Quang (Chairman & CEO, BKAV). “Gloria akan mendukung kami untuk mempercepat penggunaan AI dalam bisnis dan pemerintahan, dan merevolusi pekerjaan kami dengan kota pintar, konstruksi pintar, pertanian, dan bidang-bidang lainnya,” sebutnya lagi.

Sampel Gloria AI Edge Box akan tersedia akhir tahun ini. Ketersediaannya secara komersial diharapkan pada kuartal kedua tahun depan.