Find Us On Social Media :

MediaTek Luncurkan SoC Terbaru untuk Komputer Tablet, Kompanio 1300T

By Cakrawala, Rabu, 28 Juli 2021 | 09:00 WIB

Ilustrasi MediaTek Kompanio 1300T.

MediaTek kemarin mengumumkan peluncuran Kompanio 1300T yang merupakan SoC terbaru untuk komputer tablet dan perangkat komputasi sejenisnya. MediaTek mengeklaim Kompanio 1300T menghadirkan kinerja yang premium plus teknologi sehubungan gim, 5G, multimedia, AI (artificial intelligence) tingkat lanjut pada komputer tablet dan sejenisnya. MediaTek menambahkan bahwa dengan Kompanio 1300T; para produsen perangkat bisa membuat komputer tablet yang ringan, ringkas, dan bertenaga untuk pembelajaran daring, bisnis, bermain gim, menonton, dan aneka pemanfaatan AI. Apalagi, belakangan — dipengaruhi pandemi COVID-19 — permintaan perangkat komputasi meningkat.

MediaTek menyebutkan Kompanio 1300T mengandung CPU bertenaga yang terdiri dari Arm Cortex masa kini plus GPU bertenaga yang juga menggunakan Arm Mali masa kini. Kombinasi tersebut tentunya bertanggung jawab untuk menghadirkan kinerja bertenaga yang ditawarkan MediaTek Kompanio 1300T. MediaTek pun menambahkan berbagai komponen lain pada Kompanio 1300T seperti modem dan APU (AI processing unit) untuk menghadirkan aneka teknologi tingkat lanjut yang dimaksud.

“Saat ini ada peningkatan permintaan akan perangkat komputasi pribadi yang dirancang untuk kebutuhan kerja jarak jauh dan hiburan multimedia,” kata PC Tseng (General Manager of Intelligent Multimedia Business Unit di MediaTek). “Itulah mengapa MediaTek fokus untuk mengintegrasikan kemajuan terbaru dalam komputasi, komunikasi, multimedia, AI, gaming, serta konektivitas nirkabel ke dalam seri Kompanio. Chip Kompanio kami memungkinkan para produsen untuk merancang tablet ringan dan produk komputasi pribadi dengan performa yang tangguh dan masa pakai baterai yang lama sehingga mereka dapat menghadirkan fitur inovatif dan pengalaman komputasi seluler baru kepada para pengguna,” tambahnya.

Secara spesifik, MediaTek Kompanio 1300T menggunakan CPU yang terdiri dari quad core Arm Cortex-A78 dan quad core Arm Cortex-A55. Kombinasi ini menyerupai SoC Dimensity 1200 yang merupakan flagship MediaTek untuk smartphone. Namun, keempat Arm Cortex-A78 pada MediaTek Kompanio 1300T memiliki frekuensi kerja maksimal alias clock maksimal yang sama; tidak ada satu yang lebih tinggi seperti pada MediaTek Dimensity 1200. Frekuensi kerja CPU Kompanio 1300T sendiri tidak disebutkan oleh MediaTek. Adapun GPU-nya, MediaTek Kompanio 1300T menggunakan GPU yang sama dengan MediaTek Dimensity 1200, yakni Mali-G77 MC9. Namun, frekuensi kerjanya tak disebutkan pula.

Seperti saudaranya itu, SoC dengan technology node 6 nm ini mengitegrasikan modem 5G. Seperti saudaranya juga, MediaTek Kompanio 1300T mendukung 5G dengan frekuensi di bawah 6 GHz alias sub-6 GHz. Begitu pula dengan Wi-Fi, MediaTek Kompanio 1300T mendukung Wi-Fi 6. Adapun untuk memorinya, MediaTek Kompanio 1300T ditujukan untuk dipasangkan dengan memori utama LPDDR4X dan media simpan UFS 3.1.

Sementara, untuk displainya, MediaTek Kompanio 1300T mendukung displai sampai dengan resolusi 2.560 × 1.600 piksel dan refresh rate 120 Hz maupun resolusi Full HD+ dan refresh rate 144 Hz. Selain itu, MediaTek Kompanio 1300T mendukung dua displai sekaligus dengan resolusi Full HD. Perihal kamera, MediaTek Kompanio 1300T bisa dipasangkan dengan kamera sampai yang beresolusi 108 MP. Tak hanya foto dengan resolusi mumpuni, MediaTek Kompanio 1300T juga bisa merekam video 4K dengan HDR. Tak ketinggalan, fitur-fitur khas MediaTek seperti MiraVision dan HyperEngine 3.0 tentunya turut disertakan.

Aneka komputer tablet yang menggunakan MediaTek Kompanio 1300T diharapkan akan dimumumkan pada kuartal ketiga tahun ini. Namun, MediaTek tidak membocorkan nama-nama produsen yang diperkirakan akan melakukan hal itu.