Find Us On Social Media :

Apa saja Penyebab Smartphone Anda Sering Panas?

By Adam Rizal, Jumat, 30 Juli 2021 | 15:30 WIB

Ilustrasi HP panas

Kasus baterai smartphone yang panas kerap terjadi dan dialami oleh setiap pengguna. Masalah itu pun menjadi perhatian para vendor smartphone.

Tak heran, kini vendor smartphone memperkenalkan teknologi pendingin smartphone supaya suhu perangkat tidak terlalu panas.

Penyebab ponsel menjadi panas pun bermacam-macam. Mulai dari penggunaan yang berlebihan, kondisi baterai yang tidak baik, atau kondisi software yang rusak.

Berikut beberapa faktor yang membuat smartphone Anda cepat panas seperti dikutip Make Use Of: 

1. Aplikasi

 Pengguna smartphonel Android rentan terhadap aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membutuhkan sumber daya, seperti CPU, Wi-Fi, atau internet seluler. Jika aplikasi berjalan dengan cara ini, perangkat akan cepat panas.

 2. Kamera

Penggunaan kamera dalam waktu lama bisa membuat HP cepat panas. Misalnya, merekam video dengan durasi yang sangat panjang bisa menjadi pemicu panasnya smartphone.

 3. Malware

Perangkat lunak jahat atau malware dapat menyebabkan panas berlebih pada smartphone.

4. Baterai

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah keadaan baterai Anda dan kabel charging. Ketika ponsel yang Anda gunakan sudah lama, sebaiknyatidak pernah mengisi daya hingga 100 persen.

Cobalah secara teratur mengisi daya 80 hingga 90 persen untuk menjaga baterai tetap sehat.

 eempat penyebab di atas dapat membuat ponsel panas dan cepat rusak. Salah satu cara mengatasi HP panas adalah dengan mematikan HP ketika tidak digunakan. Hal ini dilakukan agar terjadi pendinginan pada sistem dan komponen yang ada pada ponsel, khususnya bagian prosesor dan RAM.