Find Us On Social Media :

Tiga Cara Mengembangkan Minat dan Potensi Diri a la Aplikasi Helo

By Liana Threestayanti, Rabu, 28 Juli 2021 | 19:45 WIB

HeloNgartis, salah satu program unggulan aplikasi Helo

Kegiatan dan mobilitas di luar rumah dibatasi, tapi produktivitas jangan sampai kendur. Aplikasi Helo mengajak penggunanya menggali potensi  dan mengembangkan diri lewat tiga inspirasi ini.

Menjadi Kreator Konten 

Kemunculan platform digital membuat masyarakat memiliki banyak opsi untuk mencari sumber informasi. Media sosial juga membukakan peluang bagi siapa saja untuk menjadi kreator, termasuk  konten bersifat menghibur dan edukatif ke target audiens yang telah disesuaikan. Bagi pengguna yang merasa memiliki kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi yang baik, Helo menyarankan penggunanya mencoba hal baru dengan menjadi kreator konten. Hal ini bisa dimulai dengan informasi atau konten yang orisinal, informatif, dan menarik tentang sesuatu yang pengguna sukai. Di sini, kemampuan storytelling pengguna juga diasah, lho!

Selain mengunggah konten yang informatif untuk pengguna, sebagai kreator konten di Helo juga penting untuk terus memperbarui pikiran dengan informasi terkini dan mengikuti tren setiap harinya. Cara termudah adalah dengan memantau topik-topik populer dan viral di kalangan masyarakat yang bisa dijadikan sebagai ide konten.

Memudahkan penggunanya menelusuri berita viral dalam berbagai format, mulai dari tulisan, audio, dan video, aplikasi Helo menyediakan fitur Tren Helo. Kategori dan contoh beritanya pun beragam. Misalnya dalam topik dengan tagar  #PengalamanKuMelawanCovid, pengguna berbagi pengalaman dan memberikan semangat melawan COVID-19. Di topik olahraga dengan tagar  #LaLigaSantander, pengguna dapat melihat informasi terkini dan berdiskusi seputar sepak bola Spanyol, atau topik hiburan dengan #HeloNgartis, yang memungkinkan penguna untuk terus update dengan projek terbaru figur publik lokal. Tren Helo menyajikan 20 daftar trending topic yang dekat dengan pengguna dan secara otomatis diperbarui setiap 10 menit setiap harinya.

Mengeksplorasi Hal Baru Sesuai Minat Personal 

Lebih banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah secara tidak sadar membawa dampak positif bagi kita. Waktu luang kini dapat kita manfaatkan untuk mengeksplorasi minat dan menemukan hobi baru. Pengguna dapat mencari inspirasi, berbagi bakat, dan bahkan mengekspresikan kreativitas mulai dari kategori kuliner, komedi, hiburan, olahraga, sampai game di Helo.

Untuk pengguna yang memiliki minat pada bahasa daerah atau budaya lokal, misalnya, dapat dapat mengeksplorasi tagar #IniBahasaDaerahku pada aplikasi Helo sebagai medium untuk belajar dan menemukan teman yang memiliki minat yang sama. 

Selain itu, bagi yang memiliki ketertarikan atau kemampuan dalam bidang musik, Helo memungkinkan pengguna untuk bisa berkarya di #MusikKreasiAnakBangsa. Melalui tagar ini, pengguna dapat belajar dan mencari inspirasi mulai dari cover lagu, teknik olah vokal, hingga bermain instrumen musik yang beragam dari pengguna lain. 

Mengikuti Diskusi Komunitas untuk Menambah Wawasan Diri 

Digitalisasi membuat kita semakin cepat beradaptasi pada perubahan, salah satunya cara baru kita untuk terkoneksi dengan orang lain. Diskusi seputar minat atau tren tertentu dengan mudah dilakukan secara virtual. Helo dapat menghubungkan pengguna dengan orang yang memiliki minat yang sama dalam satu diskusi komunitas.

Diskusi komunitas secara online dapat menambah wawasan dan menambah teman baru. Helo membuka kebebasan berekspresi bagi pengguna untuk berbagi pandangan pada pengguna lain yang tentunya sesuai dengan panduan komunitas. Dengan bertemunya orang yang memiliki minat yang sama, maka akan terjadi diskusi yang seru dan bermanfaat satu sama lain. Helo memungkinkan terciptanya ruang diskusi yang menyenangkan untuk belajar melalui konten tulisan, suara, video, bahkan humor (meme) yang menghibur.

"Helo adalah tempat yang menyenangkan bagi siapapun untuk mengembangkan potensi diri. Pengguna dapat terus up-to-date dengan fitur-fitur yang memberikan kemudahan akses topik yang sedang trending dan minat yang bisa dipersonalisasi. Kami menempatkan diri sebagai platform digital yang menyediakan pilihan bagi pengguna untuk mengeksplorasi, menemukan, dan mendiskusikan topik atau minat baru dengan kategori lokal yang beragam untuk masyarakat Indonesia," kata Indira Melik, Country Head of Operations, Helo Indonesia.