Find Us On Social Media :

Begini Cara Donasi di Konser Amal “NTT adalah Kita” Lewat DANA

By Indah PM, Kamis, 29 Juli 2021 | 19:00 WIB

Ilustrasi DANA.

Di awal April 2021 lalu, badai Siklon Tropis Seroja menghantam area Nusa Tenggara Timur. Meski sudah tiga bulan badai berlalu, kehancuran dan penderitaan masih dirasakan sampai sekarang.

Faktanya, lebih dari 54 ribu (Sumber: BNPB, 20 Mei 2021) keluarga-keluarga penyintas bencana di NTT masih harus berjuang hidup di gubuk-gubuk, tenda-tenda, maupun tempat kerabat dengan fasilitas yang sangat terbatas.

Pemulihan pasca bencana membutuhkan waktu yang panjang dan butuh dukungan dari semua pihak. Habitat for Humanity Indonesia ingin membantu keluarga-keluarga di NTT agar cepat pulih dari bencana dengan membangun hunian layak.

Berkolaborasi dengan Ananda Sukarlan dan beberapa musisi muda asal NTT, Habitat Indonesia menggelar Konser Amal bertajuk “NTT adalah Kita”, yang bertujuan untuk menggerakkan lebih banyak orang turut mengambil bagian untuk mendukung pembangunan kembali NTT.

Konser amal tersebut akan tayang perdana 6 Agustus 2021 mendatang pukul 19.00 WIB di kanal Youtube dan Facebook Berita Satu dan Vidio.com. Sementara bagi masyarakat yang belum sempat menyaksikan konser dapat kembali menyaksikannya melalui loket.com pada 7-15 Agustus 2021. 

Semua dana yang terkumpul dalam konser ini akan disalurkan melalui Habitat Indonesia yang akan digunakan untuk penyediaan rumah layak bagi keluarga penyintas bencana di Kelurahan Oeasao dan Kelurahan Naibonat, Kabupaten Kupang, NTT.

Susanto Samsudin (Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia) mengungkapkan bahwa rumah merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki di saat pasca bencana karena digunakan sebagai tempat berlindung dan pemulihan kondisi, terlebih di masa pandemi, rumah sangat penting agar masyarakat terhindar dari paparan virus.

“Didorong oleh semangat persatuan sebagai satu bangsa dan saudara di Indonesia, Habitat Indonesia ingin mengajak lebih banyak orang, bahkan hanya dari rumah saja, kita bisa ikut berperan membantu mereka dengan menggunakan teknologi yang ada,” ujar Susanto.

Donasi untuk NTT diselenggarakan sejak Juni lalu dan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan pembayaran nontunai. Oleh karena itu, Habitat bekerja sama dengan DANA sebagai mitra pembayaran digital guna membuka kesempatan lebih luas bagi siapapun untuk berdonasi.

Agustina Samara (Chief People & Corporate Strategy Officer DANA) mengungkapkan bahwa keterlibatan DANA merupakan bentuk kepedulian untuk membantu sesama.

“Bergerak di industri teknologi finansial tidak menghentikan kami untuk berkontribusi dalam memulihkan kondisi teman-teman di NTT. Sebaliknya, kami sadar betul bahwa donasi yang dikumpulkan akan lebih optimal apabila digarap secara daring,” tutur Agustina melalui konferensi pers virtual, Rabu (28/7/2021).

Dengan teknologi dan jangkauan yang dimiliki, DANA dapat membantu mempercepat dan memudahkan metode pengumpulan donasi secara digital, yang terintegrasi langsung dengan Kitabisa.com, dan mengomunikasikannya melalui berbagai aset komunikasi yang dimiliki DANA.  

Agustina berharap, donasi yang terkumpul ini dapat membangkitkan kembali NTT sekarang dan di masa yang akan datang.

Kesempatan masyarakat untuk mengulurkan bantuannya dengan cara berdonasi daring masih terbuka lebar melalui dompet digital DANA. Caranya, pengguna dapat membuka aplikasi DANA dan menuju bagian Charity untuk kemudian mengakses DANA Donasi. Pengguna dapat mencari informasi berupa banner ‘NTT Bangkit’ dan melakukan donasi sesuai nominal yang diinginkan.     

Harapan serupa untuk membangkitkan kembali NTT ini juga disambut hangat oleh Kitabisa.com, selaku mitra DANA sekaligus wadah penggalangan donasi ini. “Inisiatif Habitat for Humanity dan DANA selaras dengan misi kami dalam memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan semangat kebaikan. Semoga sinergi banyak pihak dalam donasi NTT Bangkit dapat menghasilkan dampak positif bagi masyarakat,” pungkas Marisa Thara Wardhani (Head of Brand Partnership, Kitabisa.com).