Find Us On Social Media :

Gegara ini Pasokan Smartphone Bakal Makin Langka dan Harganya Mahal

By Adam Rizal, Sabtu, 31 Juli 2021 | 11:30 WIB

Keberadaan magnet di dalam iPhone 12 ternyata bisa menimbulkan risiko bagi pengguna alat pacu jantung

Krisis kelangkaan chip global diprediksi bakal berdampak panjang dan berdampak ke berbagai sektor industri termasuk smartphone. Krisis chip akan membuat harga HP makin mahal dan langka. Para vendor smartphone pun telah menyampaikan keluh kesahnya dan sulitnya mendapatkan pasokan chip.

CEO Apple Tim Cook memastikan permasalahan krisis chip ini akan mengganggu penjualan iPhone dan iPad.

"Kekurangannya bukan pada prosesor bertenaga tinggi yang diproduksi Apple untuk perangkatnya, tetapi chip untuk fungsi sehari-hari seperti menyalakan layar ponsel dan mendekode audio," kata Cook seperti dikutip CNBC Internasional.

Selain Apple, HMD Global juga mengalami kesulitan memenuhi pasokan chip dan

kekurangan semikonduktor dapat menjadi tantangan bagi pembuat perangkat canggih yang memiliki skala lebih kecil. "Kami melihat rantai pasokan makin ketat. Kami melihat ketidakseimbangan tertentu di pasar," Florian Seiche, CEO HMD, mengatakan kepada CNBC.

Analis memperkirakan bahwa kurangnya chip di industri ponsel pintar ini dipengaruhi oleh perbaikan permintaan chip di industri otomotif. Hal ini membuat terjadi perebutan besar-besaran di kedua industri itu.

"Sekarang sektor otomotif dan lainnya mengejar dan mulai merebut kembali kapasitas yang telah mereka tinggalkan, ada persaingan ketat untuk pasokan semikonduktor," ujar Syed Alam, analis semikonduktor di Accenture.

Selain itu, beberapa produsen ponsel juga saat ini sedang dihadapkan dengan memulihnya permintaan smartphone global. Bahkan data yang dihimpun dari perusahaan IT Gartner menyebut bahwa permintaan ponsel pintar telah tumbuh sebesar 26% pada kuartal-I 2021.

Analis memastikan konsumer akan merasakan peningkatan harga yang cukup signifikan. Selain itu, akan ada resiko kurangnya spesifikasi perangkat yang dibeli.

"Hasil yang mungkin terjadi di sini adalah harga ponsel yang lebih tinggi dan kekurangan yang lebih dalam untuk model tertentu," kata peneliti dari Forrester, O'Donnell.

"Dalam kasus Apple, Anda mungkin bisa mendapatkan iPhone 12 kelas atas, tetapi tidak iPhone XS kelas bawah. Untuk pembuat smartphone lain seperti Samsung, LG, dan merek China seperti Xiaomi dan Huawei semua akan merasakan kesulitan," tambahnya.