Sejumlah inisiatif telah dilakukan oleh dompet digital DANA untuk penanggulangan pandemi di Indonesia, di antaranya pembuatan laman DANA COVID-19 sebagai sumber informasi seputar COVID-19. Laman ini juga dilengkapi daftar kapasitas rumah sakit rujukan yang telah terintegrasi dengan Siranap (Sistem Informasi Rawat Inap) milik Kementerian Kesehatan RI, nomor layanan tanggap darurat COVID-19, hingga nomor hotline COVID-19.
Selain itu, DANA juga menghimpun donasi untuk penyediaan perlengkapan kesehatan maupun tempat singgah bagi tenaga medis bekerja sama dengan Kitabisa.com, Benihbaik.com dan Habitat for Humanity.
Sementara untuk membantu pemulihan ekonomi, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi, DANA juga membuat fitur Pendataan Warung yang mendukung kampanye #BelanjadiWarungTetangga yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Dengan fitur ini pengguna DANA dapat mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya yang mengalami kesulitan akibat pandemic, guna mendapatkan bantuan dari pemerintah.
Tingginya solidaritas untuk membantu sesama tidak hanya dilakukan DANA, tetapi juga tercermin dari kebiasaan pengguna dompet digital DANA. DANA mencatat sekira lebih dari Rp17 miliar telah terkumpul pada kategori layanan Charity sejak 2019 hingga Juli 2021.
Peningkatan bahkan juga terjadi di kuartal kedua tahun 2021, yang melonjak hingga 32 persen jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun lalu (2020). Adapun tiga kategori donasi yang paling banyak menggugah pengguna, melalui fitur DANA Donasi bersama Kitabisa selama bulan Juli 2021 adalah kemanusiaan, kegiatan sosial, dan bantuan medis.
Kesempatan untuk meringankan beban sesama masih terbuka lebar bagi seluruh pengguna melalui dompet digital DANA. Pengguna cukup mencari kategori layanan Charity dalam aplikasi DANA dan memilih DANA Donasi. Penggalangan dana dengan beragam situasi sosial dapat dipilih dan diteruskan dengan memilih nominal donasi yang diinginkan.