Find Us On Social Media :

Microchip Tawarkan Lini Cip Tunggal untuk Sinkronisasi Jaringan 5G

By Cakrawala, Minggu, 1 Agustus 2021 | 10:00 WIB

Microchip ZL3073x/63x/64x.

Microchip baru-baru ini menyampaikan tawarannya sehubungan sinkronisasi jaringan 5G, tepatnya lini cip tunggal yang merupakan solusi sinkronisasi jaringan 5G, di dunia. Tak hanya menawarkan solusi sinkronisasi jaringan 5G baru, Microchip mengeklaim lini cip tunggalnya itu sebagi yang pertama untuk sinkronisasi jaringan 5G. Dengan kata lain, sebelumnya, solusi sinkronisasi jaringan 5G membutuhkan lebih dari satu cip. Lini ZL3073x/63x/64x ini disebutkan Microchip memiliki kapabilitas canggih sehingga bisa memenuhi persyaratan pewaktuan jaringan 5G yang lebih ketat. Persyaratan sinkronisasi waktu jaringan 5G yang lebih ketat muncul karena jaringan 5G memiliki model-model penggunaan yang baru, seperti pada pabrik pintar yang membutuhkan latensi sangat rendah dan keandalan sangat tinggi.

“Platform sinkronisasi jaringan ZL3073x/63x/64x terbaru kami menerapkan kemampuan pengukuran, kalibrasi, dan penyesuaian yang canggih untuk secara signifikan mengurangi kesalahan waktu peralatan jaringan dan memenuhi kebutuhan 5G yang ketat,” sebut Rami Kanama (Vice President, Timing and Communications Business Unit, Microchip). “Platform ini mencakup arsitektur fleksibel yang unik untuk menerapkan kepadatan saluran yang diperlukan serta penyintesis berperforma tinggi dan ber-jitter rendah untuk membantu menyederhanakan desain kartu waktu, kartu saluran, Unit Radio (Radio Units – RU), Unit Terpusat (Centralized Units – CU), dan Unit Terdistribusi (Distributed Units – DU) untuk Jaringan Akses Radio 5G (5G Radio Access Networks – 5G RAN),” tambahnya.

Lini cip ZL3073x/63x/64x ditemani pula oleh modul-modul peranti lunak IEEE 1588 PTP (Precision Time Protocol) dan algoritme clock recovery Microchip. Microchip pun mencontohkan ZLS30730 — algoritme berkinerja tinggi — dan ZLS30390 — IEEE 1588-2008 protocol engine — yang digunakan juga pada jaringan 3G dan 4G. Microchip menambahkan bahwa platform ZL3073x/63x/64x menawarkan kinerja jitter sebesar 100 fs (femtosecond) RMS (Root Mean Square) yang dibutuhkan antarmuka kecepatan tinggi pada sistem-sistem Unit Radio, Unit Terdistribusi, dan Unit Terpusat 5G terkini. Microchip menyebutkan fitur bersangkutan diperoleh berkat kehadiran lima penyintesis yang ber-jitter ultrarendah.

Cip Microchip ZL3073x/63x/64x hadir dengan dimensi 9  x 9 mm dan konsumsi daya 0,9 W. Alhasil, Lini cip yang menawarkan sampai lima DPLL (Digital Phase Locked Loop) independen ini hemat tempat dan daya. Seperti pada umumnya, Microchip menawarkan pula perkakas untuk pengembangan. Microchip menawarkan suatu GUI (Graphical User Interface), board untuk evaluasi, dan perkakas lainnya.

Microchip ZL3073x/63x/64x telah tersedia secara massal dan ditawarkan beserta modul-modul peranti lunak yang telah disebutkan. Microchip tidak menyebutkan perihal harganya.