Find Us On Social Media :

Berkat HP ini Xiaomi Rajai Pasar Smartphone Global Kuartal II-2021

By Adam Rizal, Minggu, 1 Agustus 2021 | 15:00 WIB

Xiaomi Mi 11 Ultra

Firma analisis pasar ponsel Counterpoint Research melaporkan Xiaomi menjadi pabrikan smartphone terbesar kedua di dunia pada kuartal II-2021.

Xiaomi sukses menggeser posisi Apple yang menduduki posisi tersebut pada kuartal sebelumnya.

Berdasarkan laporan tersebut, pengiriman smartphone global sebanyak 329 juta unit, meningkat 19 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Xiaomi sukses mengirimkan sebanyak 53 juta unit pengiriman smartphone dan memiliki pangsa pasar (market share) 16,1 persen. Sedangkan, Apple hanya mengirimkan 49 juta unit smartphone dengan market share 14,8 persen.

Analis senior Counterpoint Research, Harmeet Singh Walia mengungkapkan kesuksesan penjualan Xiaomi berkat penjualan perangkat di segmen bawah, menengah, hingga flagship yang cukup baik. Beberapa di antaranya seperti seri Redmi 9, Redmi Note 9, Redmi Note 10, dan Mi 11.

"Pertumbuhan pengiriman unit smartphone Xiaomi disumbang oleh sejumlah kawasan seperti Eropa, Asia Tenggara, hingga wilayah Amerika Latin dan Amerika Tengah," jelas Harmeet, dihimpun dari Counterpoint Research.

"Wilayah Asia Tenggara dan Eropa sendiri merupakan pasar yang paling berkembang karena permintaan akan perangkat kelas menengah Xiaomi di sana meningkat pada kuartal-II 2021," imbuh Harmeet.

Predikat pabrikan smartphone terbesar di dunia masih dipegang oleh Samsung dengan angka pengiriman smartphone mencapai 58 juta unit dan market share 17,6 persen.

Sementara itu, Oppo dan Vivo membuntuti Apple menjadi vendor smartphone terbesar keempat dan kelima dengan angka pengiriman smartphone masing-masing mencapai 34 juta unit (10,3 persen) dan 33 juta unit (10 persen). 

Adapun vendor smartphone lainnya, seperti OnePlus, Realme, dan Lenovo tergabung dalam "Others" yang secara total telah mengirimkan 103 juta unit smartphone pada kuartal-II 2021 dengan pangsa pasar 31,3 persen.