Find Us On Social Media :

Tiga Tahun Berkiprah, DANA Jadi Aplikasi Finansial No. 1 di Q2 2021

By Liana Threestayanti, Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:30 WIB

Ilustrasi dompet digital DANA.

Tiga tahun berkiprah sebagai dompet digital Indonesia, DANA menorehkan pertumbuhan signifikan dan prestasi sebagai aplikasi finansial nomor satu di kuartal dua 2021.

Pertumbuhan ini tak lepas dari pengembangan teknologi dan inovasi pada aplikasi DANA, serta pengembangan kolaborasi untuk memperluas ekosistem. Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA, membenarkan bahwa pertumbuhan ini terjadi seiring dengan semakin matangnya kapabilitas teknologi dan fitur yang dimiliki.

“Usia muda memberikan banyak ruang untuk kami bereksplorasi dan berinovasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Kami sadar akan kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi digital #BebasDrama dengan kriteria serba praktis, aman, dan terlindungi. Bergerak dari aspirasi ini, DANA senantiasa melahirkan segudang inisiatif baru yang tepat guna dan menghasilkan peningkatan jumlah pengguna sampai penguatan jumlah unduhan aplikasi DANA yang terekam di iOS dan Android. DANA percaya pencapaian ini tak lain bertujuan untuk mengejar akselerasi adopsi transaksi digital dan teknologi finansial yang inklusif,” paparnya.

Berdasarkan data App Annie, DANA berhasil menempati peringkat pertama untuk kategori aplikasi finansial di Indonesia pada kuartal kedua di tahun 2021, baik melalui perangkat iOS maupun Android. Pertumbuhan QoQ (kuartal ke kuartal) ini mencapai lebih dari 72 persen. Merujuk pada data pertumbuhan yang DANA miliki, pertumbuhan jumlah pengguna masih kini menyentuh angka lebih dari 79 juta pengguna pada akhir bulan Juli tahun 2021.

Seiring jumlah penggunanya yang terus bertambah, DANA juga berhasil meraih predikat sebagai aplikasi finansial di Indonesia dan Asia Tenggara yang paling banyak diunduh pada ponsel pintar berbasis iOS dan Android pada kuartal dua di tahun 2021, menurut data App Annie.

Masih berdasarkan App Annie, DANA juga menjadi satu-satunya aplikasi finansial yang berhasil masuk ke dalam ‘Top 10 Most Downloaded Apps in Indonesia (Sepuluh Aplikasi Teratas yang Paling Banyak Diunduh)’ di seluruh kategori pada kuartal kedua tahun 2021.

Tiga Prinsip Utama Dompet Digital

Kampanye terbaru DANA yang berjudul ‘Pakai DANA #BebasDrama’ digencarkan DANA melalui berbagai kanal miliknya guna mendukung tingginya penerimaan masyarakat Indonesia terhadap teknologi finansial digital yang tercermin melalui pertumbuhan DANA

Lewat kampanye ini, DANA ingin mengukuhkan peran dan posisinya dalam bermacam-macam aktivitas keseharian masyarakat. Oleh DANA disebutkan bahwa, penggunaan dompet digital akan memberikan kepraktisan dalam pembayaran dan pengelolaan uang.

Ada tiga prinsip utama dalam penggunaan dompet digital, yaitu  keamanan bertransaksi, solusi keuangan yang terintegrasi, serta teknologi pintar yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi. DANA menjamin keamanan melalui beragam perlindungan berlapis, termasuk salah satunya kebijakan DANA Protection yang memberikan jaminan proteksi 100% (sesuai Syarat dan Ketentuan yang berlaku).

Dalam memudahkan pengguna dalam bertransaksi digital, DANA menawarkan beragam fitur yang relevan dengan kebutuhan dan aktivitas pengguna sehari-hari, mulai dari pengiriman uang, pembayaran tagihan, hingga pembelanjaan daring. 

Guna mendukung keamanan dan kemudahan bertransaksi, DANA menyematkan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation), yaitu  teknologi baru yang memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk menyelesaikan pembayaran atas sebuah  transaksi, hingga menggunakan risk engine/fraud detection engine berbasis kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) untuk mengantisipasi kejahatan siber.

Agar pengalaman bertransaksi yang #BebasDrama secara konsisten dapat dihadirkan, Vince menegaskan DANA akan terus mengembangkan kapabilitas dan fitur-fiturnya agar senantiasa friendly, accessible, dan trusted. Selain memperkuat dengan teknologi keamanan yang solid, DANA juga makin mengandalkan teknologi-teknologi pintar seperti kecerdasan artifisial guna lebih memahami ragam kebutuhan setiap penggunanya sehingga mampu menghadirkan solusi yang cerdas. Dimulai dari pertumbuhan yang cepat dalam aplikasi DANA serta penguatan manfaat transaksi digital #BebasDrama, DANA yakin mampu menunjang digital ekonomi yang semakin inklusif.