Find Us On Social Media :

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021 Akan Digelar Virtual, Hadirkan Lebih dari 120 Perusahaan

By Rafki Fachrizal, Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:30 WIB

Ilustrasi Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021

Kemenperin (Kementerian Perindustrian) bersama dengan Naganaya Indonesia dan FTII (Federasi Teknologi Informasi Indonesia) akan menggelar konferensi Industri 4.0 terbesar di tanah air bertajuk “Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021”.

Berlangsung pada tanggal 18-20 Agustus 2021, konferensi ini akan diselenggarakan sepenuhnya secara virtual.

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021 menghadirkan lebih dari 120 perusahaan penyedia teknologi dan solusi bagi Industri 4.0

Dalam acara konferensi pers yang diadakan secara virtual, Rabu (4/8/21), Doddy Rahadi, Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri, Kementerian Perindustrian RI mengatakan bahwa implementasi Industri 4.0 merupakan strategi yang tepat untuk membangkitkan dan mendorong pemulihan sektor industri dalam negeri, terutama akibat dampak pandemi COVID-19.

“Hal ini sejalan dengan langkah pemerintah yang terus mengakselarasi perkembangan industri nasional. Namun, guna mengakselerasi transformasi menuju Industri 4.0 tersebut perlu dukungan dari seluruh pemangku kepentingan tersebut,” jelas Doddy.

Doddy menambahkan bahwa kegiatan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2021 akan menjadi ajang bagi ekosistem industri, baik pemerintah, pelaku industri, akademisi, penyedia teknologi maupun pemerhati industri untuk bertemu dan berdiskusi secara virtual, dan berkolaborasi dalam mendukung implementasi Industri 4.0 di Indonesia.

Sementara itu, Andi Budimansyah, Ketua FTII turut menyampaikan bahwa dukungan dan stimulus dari pemerintah sangat diperlukan dalam percepatan transformasi Industri 4.0 tersebut.

“Kegiatan ini tentunya merupakan upaya positif dalam memperkuat ekosistem Industri 4.0,” cetusnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aditya Adiguna, Direktur Utama Naganaya Indonesia (Organizer Indonesia 4.0 Conference and Expo 2021) menyampaikan bahwa  seluruh stakeholder industri di Indonesia termasuk lebih dari 120 perusahaan ternama penyedia teknologi dan solusi, di antaranya Amazon Web Services, Schneider Electric, Siemens Indonesia, Microsoft, PT. Pegadaian dan Dassault Systems, bersama dengan 40 lebih Pembicara nasional maupun internasional, 25 startup teknologi anak bangsa, 12 asosiasi pendukung serta 7 universitas akan dipertemukan selama 3 hari, untuk berdiskusi, menjajaki peluang baru, bertukar pikiran, membangun koneksi, serta memamerkan produk dan jasa unggulan mereka, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia.

Sebagai informasi, acara ini dapat diikuti secara gratis. Indonesia 4.0 Conference and Expo 2021 mentargetkan 10.000 pengunjung. Pendaftaran hingga kini sudah mencapai lebih dari 5000 pengunjung.

Nantinya, disamping dapat menikmati pameran dan konferensi virtual yang menampilkan teknologi terkini dan informasi terkait Industri 4.0, pengunjung juga dapat menyaksikan fitur lainnya diantaranya Podcast 4.0, Virtual Tour Plant dan Awards, dan fitur menarik lainnya.

Informasi lebih lanjut terkait informasi pameran, agenda konferensi, serta pendaftaran pengunjung dapat ditemukan di laman www.indonesia40.id

Baca Juga: Separuh Pelaku Manufaktur & Supply Chain Di ASEAN Merasa Ketinggalan dalam Digitalisasi

Baca Juga: Ketika OT dan IT Berkonvergensi di Era Industri 4.0