Find Us On Social Media :

YouTube Uji Coba Layanan Premium Lite, Harganya Murah Meriah

By Adam Rizal, Kamis, 5 Agustus 2021 | 15:00 WIB

YouTube Premium Lite

Saat ini Google sedang menguji layanan berlangganan baru Youtube Premium Lite yang menawarkan harga berlangganan lebih terjangkau ketimbang layanan premium biasa. Saat ini YouTube Premium Lite sedang diuji coba di beberapa negara Eropa seperti Belgia, Denmark, Finlandia, Luxemburg, Belanda, Norwegia, dan Swedia.

"Kami sedang menguji penawaran baru untuk memberikan lebih banyak pilihan ke pengguna lewat Premium Lite. Layanan ini dibanderol 6,99 euro (Rp 118.500) per bulan dan termasuk video bebas iklan di YouTube," kata Juru Bicara YouTube seperti dikutip The Verge.

Sebagai perbandingan, paket ini lebih murah 40 persen ketimbang YouTube Premium. Di Eropa, paket YouTube Premium dibanderol 11,99 euro atau Rp 203.500 per bulan.

Paket Premium Lite ini mencakup video bebas iklan di seluruh aplikasi YouTube, mulai dari browser, iOS, Android, Smart TV, konsol game, serta YouTube Kids. Namun paket ini tidak termasuk untuk YouTube Music, yang berarti aplikasi streaming musik ini tetap menampilkan iklan, tidak bisa diputar di latar belakang, atau download offline.

Nantinya, YouTube akan menawarkan tiga paket berlangganan seperti YouTube Premium, Premium Family, hingga Premium Student. Layanan YouTube Premium ini menyediakan fitur seperti minimize di latar belakang, video tanpa iklan, download offline, hingga YouTube Music.

Di Indonesia, YouTube Premium dibanderol Rp 59.000 per bulan, Premium Family dikenakan tarif 89.000 per bulan, sedangkan Premium Student sebesar Rp 34.990 per bulan.

Situs YoTtube Premium Lite sudah bisa diakses di youtube.com/premiumlite. Namun jika pengguna menggunakan alamat IP di luar wilayah uji coba, layar hanya menunjukkan bahwa layanan belum tersedia. Pengguna dari website atau browser, smartphone Android, iOS, smart TV hingga YouTube Kids bisa berlangganan paket Youtube Premium Lite. Youtube mengklaim bakal terus melakukan evaluasi dalam tahap eksperimen mereka, dan menambahkan jenis paket lainnya bila memang diperlukan berdasarkan masukan penggunanya.