Find Us On Social Media :

Kalahkan Facebook, TikTokJadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

By Adam Rizal, Selasa, 10 Agustus 2021 | 13:00 WIB

TikTok

Aplikasi TikTok sukses menjadi platform media sosial paling populer di dunia saat ini.

Nikkei melaporkan TikTok berhasil mengalahkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia.

TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh di dunia dan sukses menarik perhatian generasi Z. Di bawah TikTok, baru ada Facebook beserta aplikasi miliknya, mulai dari WhatsApp, Instagram, hingga Facebook Messenger.

Facebook sudah lama menjadi aplikasi populer yang paling banyak diunduh selama bertahun-tahun.

Tak heran, kekayaan bersih Facebook mencapai lebih dari 1000 miliar dolar AS seperti dikutip Phone Arena.

TikTok sendiri sukses memperkenalkan tren video pendek baru dengan tampilan vertikal berdurasi rata-rata sembilan hingga 15 detik. Saat ini TikTok telah memperpanjang durasinya menjadi tiga menit pada Juli kemarin.

Awalnya, sebagian besar konten TikTok adalah video lucu singkat tetapi kini konten TikTok terus berkembang dengan menyuguhkan konten-konten video pendidikan, life hack, tutorial memasak, dan genre lain.

Bahkan, TikTok kini juga dipakai untuk mempromosikan bisnis, yang juga disematkan konten hiburan di dalamnya.

Salah satu faktor yang ikut menggenjot popularitas TikTok adalah pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat beraktivitas di dalam rumah termasuk untuk bekerja dan belajar.

TikTok pun sukses menginspirasi kompetitornya untuk menghadirkan fitur serupa seperti YouTube yang menghadirkan Shorts dan Instagram dengan Reels-nya.

Mirip dengan TikTok, Reels tampil dengan konten video pendek yang berdurasi 15 hingga 60 detik.