Find Us On Social Media :

Google Mulai Tutup Layanan Pesan Google Hangouts, Ini Penggantinya

By Adam Rizal, Rabu, 11 Agustus 2021 | 10:00 WIB

Ilustrasi Google Hangouts Meet

Google akan menutup layanan perpesanan Google Hangouts dan pengguna akun Google Hangouts gratis sudah mulai dipindahkan dari layanan tersebut, baik itu di Android dan iOS.

Sebagai gantinya, Google akan mengalihkan pengguna Google Hangouts ke Google Chat.

Nantinya, pengguna Hangouts gratis akan melihat sebuah perintah yang meminta mereka untuk beralih ke Google Chat. Perintah itu juga menyertakan opsi untuk mengalihkan Chat ke Gmail.

Apabila diklik, maka pengguna langsung dikeluarkan dari Hangouts dan dialihkan ke Chat yang ada di Gmail. "Hangouts mulai digantikan oleh Google Chat," kata Google, dikutip dari XDA Developers.

Google juga memastikan semua riwayat percakapan di Hangouts sejak Juni 2020 akan muncul di Google Chat.

Sementara riwayat percakapan yang lebih lama akan segera dihadirkan. Setelah dialihkan, pengguna tidak akan lagi menerima notifikasi baru dari aplikasi Hangouts.

Namun, Google belum sepenuhnya mematikan layanan Google Hangouts karena pengguna masih dapat menggunakan aplikasi seluler dengan menautkan kembali akun mereka.

Perintah serupa juga ditampilkan di Hangouts versi browser. Saat memilih tombol “Open Chat”, pengguna akan diarahkan ke Google Chat versi browser.

Sementara untuk akun enterprise, Google akan memberikan update baru pada akhir 2021 nanti yang bakal menggantikan sepenuhnya Hangouts ke Google Chat.