Find Us On Social Media :

Dua Fitur Ini Bantu Cegah Pengguna Instagram dari Ujaran Kebencian

By Indah PM, Selasa, 17 Agustus 2021 | 15:05 WIB

Instagram perkenalkan fitur baru, Limit dan Hidden Words

Belum lama ini, Instagram memperkenalkan dua fitur terbaru untuk melindungi pengguna dari ujaran kebencian melalui fitur Batas (Limits) dan Kata yang Disembunyikan (Hidden Words).

Untuk membantu melindungi pengguna ketika mengalami atau mengantisipasi lonjakan komentar dan DM yang tidak diinginkan, Intagram memperkenalkan fitur Limits yang mudah untuk diaktifkan. Fitur ini akan secara otomatis menyembunyikan komentar dan permintaan DM dari akun nonpengikut, atau akun yang baru saja mengikuti.

“Kami mengembangkan fitur ini karena kami mendengar bahwa kreator dan figur publik terkadang mengalami lonjakan komentar dan permintaan DM secara tiba-tiba dari akun yang tidak mereka kenal. Misalnya, ketika seorang atlet menjadi viral setelah memenangkan medali Olimpiade, terkadang hal tersebut juga diikuti dengan lonjakan komentar dan pesan yang tidak diinginkan,” jelas Instagram melalui keterangan tertulis.

Penelitian Instagram menunjukkan bahwa banyak pengalaman negatif yang diterima oleh figur publik berasal dari akun yang tidak mengikuti mereka, akun yang baru saja mengikuti mereka, atau akun yang tiba-tiba muncul di momen tertentu.

Dengan fitur Limits, memungkinkan pengguna untuk mendengar masukan dari pengikut setia mereka, sekaligus membatasi kontak dari akun-akun yang mungkin hanya datang ke akun mereka untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Limits akan tersedia untuk seluruh pengguna Instagram secara global dalam waktu dekat ini. Pengguna bisa menggunakan fitur Limit dengan cara masuk ke pengaturan privasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini. Instagram saat ini juga tengah mencari cara untuk mendeteksi otomatis ketika pengguna mengalami lonjakan komentar dan DM, sehingga dapat memberi peringatan kepada pengguna untuk mengaktifkan fitur ini.

“Kami memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan setiap pengguna merasa aman saat menggunakan Instagram. Kami tidak mengizinkan ujaran kebencian (hate speech) atau perundungan (bullying) di Instagram, dan akan menghapus konten tersebut ketika kami menemukannya,” jelas Instagram.

Sementara itu, Instagram juga membantu melindungi para pengguna dari ujaran kebencian di permintaan DM mereka, melalui fitur Hidden Words. Fitur ini  memungkinkan pengguna secara otomatis menyaring kata, frasa, dan emoji yang menyinggung ke dalam folder Hidden Bar. Dengan demikian, pengguna tidak perlu membuka pesan yang terdapat dalam folder tersebut jika mereka tidak ingin melihatnya. Instagram meluncurkan fitur ini di beberapa negara pada awal tahun ini, dan akan tersedia secara global pada akhir bulan ini.

Kami berharap fitur-fitur yang baru diluncurkan ini dapat semakin melindungi pengguna dari konten yang tidak diinginkan, seperti konten-konten yang bersifat rasis, seksis, homofobik, maupun konten ujaran kebencian lainnya. Ke depan, Instagram akan terus bekerja sama dengan organisasi-organisasi yang berfokus pada keadilan dan kesetaraan ras, termasuk dengan para pemain industri, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat untuk mendidik dan membantu membasmi kebencian.