Find Us On Social Media :

Robot Xiaomi CyberDog Dibanderol Rp22 Juta, Bisa Jadi Pembantu Rumah

By Adam Rizal, Jumat, 13 Agustus 2021 | 09:30 WIB

Xiaomi CyberDog

Xiaomi meluncurkan produk terbarunya robot CyberDog yang berkaki empat, sepintas mirip dengan robot anjing bernama Spot buatan Boston Dynamic.

CyberDog mengusung supercomputer Jetson Xavier NX AI buatan Nvidia untuk Embedded dan Edge Systems yang dipasangkan dengan SSD kelas industri berkapasitas 128 GB. Superkomputer-nya memiliki performa AI 21 TOPS.

Robot Xiaomi CyberDog memiliki sejumlah besar kamera, mikrofon, dan sensor di kepala robot yang memberikan persepsi spasial.

Sensor-sensor antara lain tersebut termasuk kamera AI, kamera ultra lebar, dan modul kamera kedalaman RealSense D450 dari Intel yang membantu robot mencapai penghindaran rintangan dan navigasi skala sentimeter.

Hal itu membuat robot ini mampu melakukan pemetaan SLAM dan pelacakan otomatis. CyberDog dapat dikontrol dengan 3 cara yaitu aplikasi ponsel, kontrol suara, dan remote control.

Sayangnya tidak semua HP Xiaomi mampu terhubung ke CyberDog hanya Redmi K40 Gaming Edition, Redmi K40, Redmi K30 5G, Redmi 10X Pro, Redmi 10X, dan Mi Mix 2S.

CyberDog memiliki berbagai gerakan termasuk berlari, melompat, berbelok, dan condong ke depan. Ia juga dapat melakukan backflip, berguling, dan berdiri dengan kaki belakangnya.

Robot ini memiliki kecepatan berjalan hingga 3,2 meter per detik (11,52 km/jam) dan mampu membawa beban 3 kg seperti dikutip Gizmochina.

Sistem XiaoAI dari Xiaomi ditanamkan pada robot dan dapat digunakan untuk mengontrol peralatan rumah pintar yang kompatibel seperti TV, penghisap debu, AC, dan pembersih udara.

Xiaomi CyberDog dibanderol 9.999 yuan (Rp22,2 juta). Sebagai perbandingan, robot Spot dari Boston Dynamic dijual dengan USD74.500 (Rp1 miliar).