Find Us On Social Media :

Tawarkan Tambahan Kuota 40 GB, 3 Indonesia Dukung Pembelajaran Daring

By Cakrawala, Jumat, 13 Agustus 2021 | 21:20 WIB

Tawarkan tambahan kuota 40 GB, 3 Indonesia dukung pembelajaran jarak jauh.

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia hari ini di tanah air menyampaikan penawaran tambahan kuota data internet dengan harga sangat terjangkau bagi seluruh pengguna, termasuk pengguna baru, yang telah tervalidasi pada sistem Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Pemerintah Indonesia. Pasalnya, PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) masih berlangsung di berbagai daerah di tanah air sehingga beberapa daerah tetap menerapkan pembelajaran jarak jauh alias daring. Pembelajaran seara daring tentu mengonsumsi data internet yang tidak sedikit sehingga tambahan dari 3 Indonesia bisa mendukung pembelajaran daring tersebut.

Adapun untuk mendapatkan kuota data internet sebesar 40 GB dengan harga Rp1 itu; pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen pengguna 3 Indonesia cukup memastikan nomor 3 Indonesia yang digunakan terdaftar di sekolah dan/atau kampus sebagai penerima bantuan kuota internet dari pemerintah. Mereka pun harus melakukannya paling lambat pada tanggal 28 Agustus 2021. Nantinya; pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen bersangkutan akan mendapatkan SMS Penawaran untuk kuota 40 GB seharga Rp1 yang dimaksud.

Benefit tambahan kuota belajar 40 GB ini merupakan inisiatif 3 Indonesia dalam mendukung program bantuan paket kuota internet dari pemerintah untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh dari September hingga November 2021. Melalui inisiatif ini, 3 Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia ingin memberikan keuntungan lebih bagi peserta didik dan pendidik agar kegiatan belajar tetap lancar dengan dukungan kuota dan akses internet yang memadai untuk mengikuti proses pembelajaran daring di masa pandemi,” ujar Dolly Susanto (Chief Marketing Officer 3 Indonesia).

Setelah mendapatkan SMS Penawaran untuk kuota 40 GB seharga Rp1; pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen yang mendapatkannya bisa memanfaatkan tawaran tersebut selambatnya pada 15 September 2021. Dengan kata lain, mereka bisa menukarkannya paling lama pada tanggal yang disebutkan. Kuota 40 GB Rp1 itu sendiri terdiri dari 3 GB kuota reguler untuk akses aplikasi apa saja dan 37 GB kuota belajar untuk secara khusus mengakses aplikasi belajar. Aplikasi belajar yang dicakup adalah Webex, Zoom, Google Classroom, Google Meet, Microsoft Teams, dan WhatsApp. Kuota belajar yang diperoleh pun bisa digunakan tanpa batasan waktu selama 30 hari.

Tak hanya itu, 3 Indonesia bekerja sama dengan pemerintah melalui Kemdikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) juga menyalurkan bantuan subsidi data internet kepada siswa PAUD/TK sampai mahasiswa serta guru dan dosen setiap bulannya mulai September sampai November 2021. Besarnya kuota data internet yang disalurkan beragam. Lengkapnya bisa dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Tabel kuota data internet yang disalurkan 3 Indonesia yang merupakan subsidi pemerintah.