Find Us On Social Media :

Dicoba, yuk! 4 Channel Seputar Pengembangan Diri Rekomendasi Telegram

By Indah PM, Jumat, 20 Agustus 2021 | 15:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi Telegram

Meski sudah memasuki pertengahan 2021, namun pandemi COVID-19 belum kunjung usai. Mau tak mau, masyarakat dituntut untuk bisa lebih beradaptasi dengan kebiasaan normal baru. Mulai dari memakai masker saat bepergian, mencuci tangan dan menjaga kebersihan setiap saat, serta menghindari beraktivitas di luar rumah. Akibatnya, perasaan bosan, bingung, bahkan malas kerap menghantui.

Aplikasi pesan instan Telegram menawarkan fitur Channel (Kanal) yang menarik untuk melawan rasa bosan di rumah. Selain fitur Grup, aplikasi perpesanan pesaing WhatsApp ini juga memiliki fitur Channel

Fitur Grup pada Telegram berfungsi seperti fitur grup pada umumnya, yaitu sebagai media berinteraksi para anggotanya, komunikasi dilakukan dua arah. Sementara fitur Channel lebih digunakan untuk menyampaikan pesan, pengguna Telegram harus berlangganan untuk terus mendapatkan pesan dari Channel yang diikuti.

Baca Juga: Fitur Panggilan Video pada Telegram Kini Bisa Tampung 1.000 Peserta

Menariknya, beberapa Channel di Telegram dinilai sesuai dengan pengguna yang hendak mencari kesempatan untuk terus mengembangkan diri, dengan menambah skill atau mendapatkan pengetahuan baru selama pandemi.

Berbagai Channel di Telegram membahas bermacam tips yang dapat membantu meningkatkan kemampuan, baik soft skill maupun hard skill. Berikut ini beberapa rekomendasi Channel Telegram yang bermanfaat:

1. Karir dan Pengembangan Diri. Saat ini ada banyak Channel di Telegram yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan seputar dunia kerja, lowongan pekerjaan, dan pelatihan. Beberapa rekomendasi Channel Telegram tersebut di antaranya @BisikanHRD, @tocpns, dan @skillacademyid. 

2. Bisnis. Selama pandemi, banyak orang yang memanfaatkan waktunya untuk mulai berbisnis. Namun, untuk bisa membuat sebuah bisnis yang berhasil perlu pengetahuan dan keterampilan terkait bidang bisnis yang mumpuni. Berikut ini beberapa Channel Telegram yang sering membagikan tips seputar bisnis, yaitu @OnlineBizSukses, @bisnisdigitalid, dan @bisnismillenial.  

3. Bahasa Asing. Selain menambah skill untuk mempersiapkan diri di dunia kerja dan berbisnis, kemampuan bahasa asing juga sangat diperlukan di era digital dan globalisasi saat ini. Di Telegram ada beberapa Channel edukasi bahasa asing, seperti @Belajar_BahasaKorea, @bahasa_inggris_pemula, dan @BahasaJepang.

4. Kecantikan. Selain dengan cara menonton tutorial di YouTube, kaum wanita juga bisa mendapatkan tips dan trik seputar kecantikan, serta rekomendasi produk yang menarik di Telegram. Beberapa Channel kecantikan tersebut misalnya @KlikBiarCantik dan @skincareroleplayer.