Find Us On Social Media :

Mau Bantu UMKM di Program NumpangLapak dari Bukalapak? Begini Caranya

By Liana Threestayanti, Jumat, 20 Agustus 2021 | 11:45 WIB

Program #NumpangLapak dari Bukalapak bantu tingkatkan penjualan UMKM.

Berpartisipasi dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), Bukalapak menyelenggarakan sebuah program bertajuk #NumpangLapak guna mendorong penjualan UMKM.

Melalui program #NumpangLapak, Bukalapak berkolaborasi dengan masyarakat dalam membantu UMKM dan para pedagang kecil dengan cara memberikan kesempatan untuk mempromosikan usahanya di kanal-kanal milik Bukalapak secara cuma-cuma. 

Baca juga: UMKM di Bukalapak Sekarang Bisa Peroleh Pembiayaan dari Modalku

Program ini digelar untuk membantu pedagang dan usaha kecil bangkit di masa sulit. Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) menemukan adanya penurunan penjualan pada  94% usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akibat terdampak COVID-19. 

“Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membantu UMKM dan pedagang kecil berkembang di tengah pandemi adalah dengan saling bahu-membahu memperhatikan dan membantu usaha mereka untuk terus bertahan atau bahkan berkembang. Ada banyak sekali pedagang yang kesulitan berjualan, jika kita dapat membantu mempromosikan mereka, kita dapat memompa semangat mereka agar tetap terjaga ketahanan usahanya, meski dalam kondisi sulit seperti saat ini,” ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak.

Baca juga: Cara Lazada Bekali UMKM Lokal Jadi Tangguh untuk Indonesia Tumbuh

Bagaimana masyarakat dapat berpartisipasi dalam program ini? Nah, kita bisa ikut membantu para pedagang kecil ini dengan cara mengambil foto atau video pedagang kecil dan UMKM favoritnya yang ingin dipromosikan lewat media sosial  dan media promosi digital Bukalapak. 

Foto atau video yang telah kita ambil tadi kemudian diunggah ke Instagram feed atau story dengan tagar: #NumpangLapak dan menandai (tag) akun Instagram @bukalapak. Konten tersebut dapat juga ditambahkan stiker #NumpangLapak yang dapat ditemukan di fitur GIF Instagram Story. Dalam stiker tersebut, masyarakat dapat menulis lokasi tempat pedagang atau tempat yang sering dilewati usaha kecil tersebut, serta mencantumkan nomor telepon mereka sehingga calon pembeli lain dapat berkunjung ke pedagang tersebut.

“Mari bantu UMKM merdeka di bulan kemerdekaan Indonesia. Hanya dengan foto atau video yang diunggah masyarakat, dampak yang mereka rasakan akan berkali-kali lipat,” ajak Erick.  

Baca juga: RUN System: Digitalisasi Bisa Jadi Upaya UMKM Bertahan Lewati Pandemi