Find Us On Social Media :

Luncurkan Layanan Ini, CIMB Perkuat Posisi Sebagai Grup Perbankan Digital ASEAN

By Liana Threestayanti, Senin, 23 Agustus 2021 | 14:45 WIB

Ilustrasi Scan QRIS OCTO Mobile CIMB Niaga

Menyediakan pembayaran QR lintas negara, CIMB mengukuhkan diri sebagai grup perbankan berbasis digital di kawasan Asia Tenggara.

Hal itu menyusul kerja sama antara CIMB Thai Bank Public Company Limited (“CIMB Thai”) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) untuk menyediakan layanan tersebut sehingga semakin melengkapi layanan perbankan digital bagi para nasabah di kawasan Asia Tenggara. Sebelumnya Bank of Thailand telah menjalin kolaborasi dengan Bank Indonesia.  

Mulai September 2021, CIMB Thai akan menjadi salah satu dari tiga bank pertama di Thailand yang terpilih menjadi settlement bank untuk pembayaran berbasis QR lintas-negara antara kedua negara tersebut.

Dengan layanan ini, nasabah CIMB Thai yang melakukan perjalanan ke Indonesia dapat memanfaatkan aplikasi mobile CIMB THAI Digital Banking untuk pembayaran QR secara real time di merchant tradisional maupun belanja daring di Indonesia. Hal yang sama juga berlaku untuk nasabah CIMB Niaga yang bepergian ke Thailand. Para nasabah dapat memakai fitur pembayaran QR pada aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk membayar transaksi di negara tersebut. Berbagai manfaat dari program ini dapat dirasakan wisatawan dan merchant, baik di Thailand maupun Indonesia, seiring mulai pulihnya sektor usaha perjalanan setelah negara-negara di dunia kembali bangkit dari pandemi. 

Di Indonesia, pembayaran dengan QR Code dapat dilakukan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk bertransaksi barang dan jasa. Adapun di Thailand, pembayaran dengan QR Code dapat dilakukan melalui Thai QR Codes. 

Pembayaran berbasis QR Code juga dinilai relatif lebih aman, karena nasabah tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak. Nasabah pun dapat berhemat karena tidak ada lagi biaya dan komisi seperti biaya kurs. 

“Pembayaran lintas-negara dengan QR Code antara Thailand dan Indonesia merupakan koridor kedua yang akan diberlakukan di ASEAN dengan ikut sertanya CIMB Thai. Hal ini merupakan langkah maju yang positif dalam memperluas konektivitas pembayaran di ASEAN. Nasabah di negara-negara ASEAN dapat terhubung lebih erat, dengan bantuan pembayaran secara real time antara konsumen dan merchant. Semoga semakin banyak masyarakat yang melakukan aktivitas ekonomi dan perjalanan ke berbagai negara setelah negara-negara ASEAN terus membuka kembali pintu masuk ke negara masing-masing,” ujar President dan CEO CIMB Thai, Paul Wong Chee Kin

Sementara itu, Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, “Dengan semakin luasnya cakupan pembayaran berbasis QR Code di ASEAN, menunjukkan bahwa integrasi finansial di Asia Tenggara semakin maju berkat inovasi berbasis digital. Merupakan suatu kehormatan bagi CIMB Niaga, CIMB Thai dan bank-bank lain di CIMB Group untuk saling menjalin kerja sama yang erat sehingga nasabah di wilayah tersebut dapat kami layani dengan semakin baik.”

Pada Juni 2021, CIMB Thai juga mengumumkan keikutsertaannya menyediakan jaringan layanan pembayaran QR lintas-negara antara Thailand dan Malaysia, sebagai bagian dari kolaborasi Bank of Thailand dan Bank Negara Malaysia. Hal ini diharapkan dapat terus memudahkan pembayaran digital pada koridor Thailand-Malaysia. 

Hadir di 10 negara ASEAN, CIMB Group juga memberikan kemudahan melakukan transaksi lintas-negara melalui serangkaian layanan seperti aplikasi selular BizChannel@CIMB. Dengan aplikasi ini, nasabah dari kalangan bisnis dapat mengatur rekening di berbagai negara melalui satu aplikasi. Selain itu, nasabah CIMB di semua negara anggota ASEAN juga dapat menggunakan kartu debit untuk menarik dana dari ATM CIMB di kawasan ASEAN tanpa dikenai biaya.