Find Us On Social Media :

Berapa Biaya Servis Ganti Layar Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3?

By Rizal, Rabu, 25 Agustus 2021 | 13:30 WIB

Samsung Galaxy Z Fold 3

Saat ini HP layar lipat sedang menjadi tren di masyarakat karena desainnya yang anti mainstream dan teknologinya yang mutakhir. Samsung menjadi pabrikan smartphone terdepan dalam pengembangan HP layar lipat.

Baru-baru ini Samsung memperkenalkan HP layar lipat Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 sekaligus menjadi penerus Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Z Flip. Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 membawa sejumlah peningkatan baik dari segi desain hingga spesifikasi yang diusung.

Namun, bagaimana dengan biaya servis Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 khususnya bagian layar? Untuk mengganti layar utama di bagian dalam Galaxy Z Fold 3, harga yang dibanderol US$480 atau sekitar Rp6,9 juta. Sementara layar bagian luar, harganya lebih murah, yakni US$150 (sekitar Rp 2,1 juta).

Jika ditotal, penggantian seluruh layar Galaxy Z Fold 3 menghabiskan dana sebesar Rp9 juta seperti dikutip GSM Arena. Biaya itu kurang lebih sama dengan servis layar Galaxy Z Fold 2 karena penggantian layar utamanya mencapai US$550 dan layar sekunder sebesar US$140.

Namun, jika dibanding Galaxy Z Fold generasi pertama, harga servis layar Galaxy Z Fold 2 dan Fold 3 terhitung lebih murah. Biaya ganti layar Galaxy Z Fold pertama dibanderol US$ 600 untuk layar utama dan US$140 untuk layar sekunder. Sementara untuk Galaxy Z Flip 3, biaya servis layar bagian dalam dipatok US$370 (sekitar Rp5,3 juta).

Sedangkan layar sekunder mini berbentang 1,9 inci yang terletak di cangkang atas, biaya servisnya mencapai US$100 (sekitar Rp1,4 juta). Sehingga jika ditotal, reparasi layar Galaxy Z Flip3 akan menghabiskan biaya sekitar Rp6,7 jutaan.

Harga tersebut lebih murah dibanding Galaxy Z Flip generasi pertama, di mana harga servis layar utama mencapai US$500 dan US$100 untuk layar sekunder.

Biaya servis di Indonesia?

Sayangnya, belum tersedia harga suku cadang penggantian layar Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 di Indonesia.

Sebagai gambaran, servis layar Galaxy Z Fold generasi pertama untuk layar utama dan layar luar masing-masing seharga Rp8,6 jutaan dan Rp1,4 jutaan.

Sementara untuk Galaxy Z Fold 2, harga penggantian layar utama dibanderol Rp7,9 jutaan dan Rp1,4 jutaan untuk layar sekunder.

Untuk Galaxy Z Flip generasi pertama, servis layar utamanya menghabiskan biaya sebesar Rp6,9 jutaan dan layar sekunder membutuhkan dana sekitar Rp802.000.

Begitu pula di Indonesia, di mana harga suku cadang layar Galaxy Z Fold sedikit menurun dari generasi ke generasi. 

Namun harga ganti layar untuk Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 di Indonesia juga akan lebih murah dibanding pendahulunya? Kita nantikan pengumuman resmi dari Samsung.