Find Us On Social Media :

Vivo Kembangkan Chipset Buatan Sendiri Yueying untuk HP Terbarunya

By Adam Rizal, Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:00 WIB

vivo V21 5G resmi dijual di pasar Indonesia.

Saat ini pabrikan smartphone di dunia mengalami masalah pelik yaitu krisis kelangkaan chipset yang membuat pasokan HP terhambat. Pasokan terhambat tentunya akan mengurangi pendapatan perusahaan. Apalagi perang dagang AS dan China membuat pasokan chipset makin langka.

Karena itu, para vendor smartphone lebih memilih mengembangkan chipset secara mandiri dan tidak bergantung kepada pihak ketiga seperti dikutip Gizmochina.

Vivo mengembangkan chipset ISP Yueying dan smartphone Vivo X70 bakal menjadi HP pertama yang menggunakan chipset tersebut. Vivo telah merekrut spesialis untuk membuat prosesor tersebut.

Oppo dan Xiaomi

Oppo juga mengumpulkan 1000 insinyur untuk mengembangkan chipset mandiri Oppo. Rencananya, Oppo Find X4 bakal menggunakan chipset buatannya sendiri.

Sebelumnya, Xiaomi juga sudah meluncurkan prosesor gambar pertamanya Surge C1 pada 2017. Surge C1 merupakan chip pemrosesan gambar independen untuk smartphone. Surge C1 menggunakan algoritme canggih untuk memungkinkan ponsel cerdas melakukan pemrosesan gambar tingkat lanjut. 

Surge C1 bertanggung jawab untuk fokus otomatis, keseimbangan putih, dan eksposur otomatis. Perusahaan mengklaim bahwa chip baru ini meningkatkan efisiensi pencitraan digital hingga 100 persen.