Find Us On Social Media :

SES akan Luncurkan O3b mPOWER yang Bisa Bantu Atasi Kesenjangan Digital

By Cakrawala, Sabtu, 28 Agustus 2021 | 23:00 WIB

Ilustrasi satelit dari sistem komunikasi O3b mPOWER milik SES.

SES minggu lalu menyampaikan perihal peluncuran sistem komunikasi O3b mPOWER-nya di dunia. SES yang mendefinisikan dirinya sebagai penyedia solusi terkemuka global untuk konektivitas konten yang didukung satelit, melalui acara virtual yang digelar untuk jurnalis tanah air, menyebutkan sistem komunikasi O3b mPOWER terdiri dari konstelasi satelit dan infrastruktur darat yang ekstensif. Pada tahap awal, konstelasi satelitnya akan terdiri dari sebelas satelit. Kesebelas satelit tersebut memiliki throughput yang tinggi dan latensi yang rendah.

SES mengeklaim sistem komunikasi O3b mPOWER menawarkan kapasitas tingkat terabit sehingga bisa membantu ketersediaan broadband internet di Indonesia. Tak hanya itu, SES juga menambahkan sistem komunikasi O3b mPOWER memungkinkan tingkat cakupan sebesar 100% alias bisa menjangkau seluruh wilayah tanah air. Dengan kata lain, sistem komunikasi O3b mPOWER dapat membantu mengatasi kesenjangan digital di Indonesia. Hal itu pun sejalan dengan "Making Indonesia 4.0".

“Keberadaan satelit menjadi penyempurna bagi bangunan jaringan berbasis terestrial, fiber broadband, serta cable links yang sudah ada, karena sifat jangkauan satelit yang luas serta memungkinkan untuk digelar dengan cepat. Tidak saja mampu menghadirkan konektivitas hingga ke mil-mil terakhir di wilayah-wilayah pelosok, namun kehadiran satelit mampu meningkatkan resiliensi dan keandalan jaringan. Ini menjadi krusial terlebih dengan komitmen bangsa dalam menghadirkan dukungan konektivitas terbaik di tengah makin sengitnya percaturan perekonomian digital saat ini,” tutur Harsh Verma (Sales Director, Asia for Fixed Data, SES). “Kami merasa terhormat sekaligus bangga dapat memperkenalkan solusi konektivitas konten yang berbasis satelit di Indonesia,”

Para satelit dari sistem komunikasi O3b mPOWER akan beroperasi di MEO (medium earth orbit), sekitar 8.000 km dari permukaan bumi. Konstelasi satelit tersebut akan menghasilkan ribuan pancaran dinamis. Pancaran bersangkutan juga bisa diarahkan sehingga bisa menjangkau konsumen yang menggunakannya di berbagai belahan dunia; baik di darat, laut, maupun udara. SES pun menegaskan bahwa sistem komunikasi O3b mPOWER menawarkan koneksi setara serat optik serta didesain untuk antara lain operator telekomunikasi, perusahaan besar lain, dan pemerintah. Sistem komunikasi O3b mPOWER bisa memberikan layanan koneksi dari 50 Mbps sampai beberapa Gbps per layanannya.

Peluncuran tahap pertama dari konstelasi satelit sistem komunikasi O3b mPOWER akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021 dengan tiga unit satelit. Peluncuran tahap kedua, juga dengan tiga satelit, akan dilakukan pada awal tahun 2022. Konstelasi tersebut diharapkan akan siap beroperasi sepenuhnya dalam menghadirkan jangkauan global pada kuartal ketiga tahun 2022. SES menambahkan bahwa hanya dengan enam satelit, sistem komunikasi O3b mPOWER bisa menjangkau seluruh wilayah di dunia.