Find Us On Social Media :

Jauh Lebih Canggih, Google Gunakan Exynos untuk Modem Pixel 6

By Adam Rizal, Senin, 30 Agustus 2021 | 12:00 WIB

Exynos 5G 5123

Google selama ini menggunakan chipset buatan Qualcomm untuk smartphonenya Pixel baik chipset Snapdragon dan chip untuk modem Pixel.

Sebuah laporan terbaru Reuters mengungkapkan Google telah mengubah kebijakannya itu dan memilih meninggalkan Qualcomm untuk menggunakan modem Samsung Exynos.

Sebagai gambaran, Pixel 5 sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765G dan modem Snapdragon Qualcomm X52 yang memungkinkan konektivitas 5G.

Namun, kini Google melihat Samsung telah melakukan lompatan yang cukup besar dengan modem Samsung Exynos 5G 5123.

Meskipun memulai debutnya pada tahun 2019, modem 5G multi-mode Exynos 5123 sangat canggih, mendukung sub-6GHz dan hingga 256-QAM dalam Milimeter Wave untuk uplink dan downlink.

"Ini benar-benar terobosan bersejarah dalam industri chip modem seluler, seperti halnya Samsung Exynos 5123," ujar Perwakilan Google seperti dikutip Gizmochina.

Pixel 6 akan menjadi smartphone pertama di AS yang menampilkan modem nirkabel non-Qualcomm dan pertama kalinya kita akan melihat chip modem Exynos di ponsel non-Samsung.

Chip modem bukan satu-satunya komponen Samsung yang akan kita lihat di Pixel 6. Sebaliknya, Google juga telah mengadopsi teknologi Samsung untuk flagship Pixel terbarunya.

Selain modem, layar, kamera, dan prosesor Pixel 6 juga akan menampilkan teknologi Samsung. Dalam beberapa detail yang bocor sebelumnya, kamera utama terungkap sebagai sensor GN1 atau GN2 ISOCELL yang lebih modern oleh Samsung.

Layar Pixel 6 juga dikatakan menggunakan panel AMOLED 6,4 inci buatan Samsung. Demikian juga dengan chipset yang menggunakan Tensor 5-nanometer, yang sebenarnya dirancang oleh Google, tetapi produksinya akan sepenuhnya ditangani oleh Samsung.