Find Us On Social Media :

Seberapa Tangguh Ketahanan Samsung Galaxy Z Fold3 Usai Disiksa?

By Adam Rizal, Senin, 30 Agustus 2021 | 15:30 WIB

Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung mengklaim smartphone layar lipatnya Samsung Galaxy Z Fold3 terbuat dari bahan material yang kokoh dan tangguh.

Samsung Galaxy Z Fold3 mengusung bingkai aluminium yang lebih kuat, peringkat tahan air IPX8, Gorilla Glass Vistus, dan layar yang diklaim 80% lebih tahan lama daripada generasi sebelumnya.

Youtuber populer Zack Nelson dari saluran YouTube JerryRigEverything membuktikan klaim Samsung itu dengan menguji ketahanan HP layar lipat Samsung Galaxy Z Fold3. Hasilnya Samsung Galaxy Z Fold3 memang memiliki kualitas material yang baik.

Nelson melakukan uji ketahanan Samsung Galaxy Z Fold3 melalui beberapa pengujian. Pertama, ia menggores layar penutup dan panel belakang smartphone yang dilindungi Gorilla Glass Victus. Layar dan panel baru menunjukkan goresan pada level 6 skala kekerasan Mohs.

Sementara layar di dalam yang menampung kamera di bawah layar, hanya bisa bertahan hingga level 2. Bahkan kuku yang tidak sengaja mengenai layar saja dapat meninggalkan bekas yang terlihat di permukaan jika diberi tekanan.

Beda halnya dengan S Pen Fold Edition stylus ini tidak akan meninggalkan bekas permanen di layar meskipun ditekan saat menulis, karena didesain khusus untuk layar smartphone tersebut.

Kemudian beralih kepada bingkai aluminium Armor yang baru. Ternyata, catnya Galaxy Z Fold3 dapat terkelupas saat digores dengan pisau tetapi bingkai tampaknya dapat bertahan dengan baik apabila dijatuhkan dari ketinggian, seperti dikutip dari Gizmochina.

Ketika Galaxy Z Fold3 ditekuk secara tidak wajar seperti yang Nelson lakukan pada Galaxy Z Fold2, smartphone itu tidak bengkok atau patah. Layar bagian dalamnya juga bertahan dari pengujian ini, ketika dalam keadaan tidak terlipat.

Hasil pengujian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan perangkat lipat pertama yang Samsung rilis pada 2019.

Nelson menyimpulkan Galaxy Z Fold3 memiliki kualitas pembuatan perangkat yang lebih baik.

Berikut video selengkapnya: