Find Us On Social Media :

Terra Drone Indonesia, Binus University Gabungkan AI dan Drone untuk Sistem Surveillance

By Liana Threestayanti, Selasa, 31 Agustus 2021 | 18:30 WIB

Drone Lidar milik Terra Drone Indonesia.

Maraknya pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dan penggunaan drone untuk keamanan mendorong PT Terra Drone Indonesia untuk menggandeng Universitas Bina Nusantara (Binus) mengadakan kerja sama penelitian.

Bersama Program Studi Teknik Informatika Universitas Binus Kampus Bandung, Terra Drone Indonesia akan mengembangkan AI, khususnya computer vision, untuk aplikasi pengawasan keamanan menggunakan drone (drone security surveillance). Model AI yang dikembangkan nanti akan membantu mengidentifikasi dan merekam objek-objek yang tertangkap video udara yang diambil dari drone, khususnya dalam konteks tujuan keamanan.

Drone C-Astral Bramor C4EYE dipilih sebagai wahana dalam pengembangan ini karena data yang diperoleh memiliki keunggulan dalam aplikasi pengawasan keamanan. Model AI ini akan menggunakan data yang diperoleh di Indonesia sehingga dapat dimanfaatkan oleh pengguna di tanah air. , serta data tersebut 

Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung, sejak akhir Juli hingga akhir Oktober 2021, dan rencananya, hasil pengembangan tahap pertama akan diluncurkan di awal November 2021.

Nantinya, model AI yang dikembangkan dapat digunakan oleh tim Terra Drone Indonesia maupun pelanggan di lokasi pekerjaan untuk mengidentifikasi dan melakukan kategorisasi terhadap objek-objek yang terdeteksi oleh drone, agar kemudian dapat ditelaah lebih lanjut apakah objek tersebut memberikan ancaman keamanan atau tidak. 

Model AI tersebut juga akan membantu mengurangi risiko terjadinya kesalahan dan beban kerja dari operator selama melakukan penerbangan drone. 

“Kerjasama ini dilakukan antara kedua belah pihak dengan pertimbangan Terra Drone Indonesia sebagai perusahaan penyedia drone industri memiliki pengalaman yang kuat dalam menyediakan layanan pemanfaatan drone untuk pengawasan keamanan di Indonesia, serta Binus memiliki rekam jejak yang baik dan sumber daya yang mumpuni untuk melakukan penelitian di bidang Artificial Intelligence," ujar Michael Wisnu Wardhana, CEO Terra Drone Indonesia seraya memastikan bahwa hasil pengembangan ini nantinya dapat digunakan oleh pelanggan Terra Drone Indonesia di berbagai sektor industri yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan drone dengan tujuan atau keperluan pengawasan keamanan.

Kerja sama ini pun dinilai Michael Wisnu Wardhana dapat menjembatani kampus sebagai instansi akademik dengan industri, sehingga dapat terjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Menurut Michael, akan ada lebih banyak potensi pemanfaatan AI dan drone untuk pengawasan keamanan, misalnya pengolahan secara real-time & on-board, penyesuaian jalur terbang berdasarkan tren temuan, dan lain-lain.