Find Us On Social Media :

Gegara ini Pengguna Android Tak Mau Pindah ke iPhone 13 Meski Canggih

By Adam Rizal, Jumat, 3 September 2021 | 11:30 WIB

iPhone 13

Apple akan meluncurkan flagship iPhone 13 dengan menghadirkan banyak fitur-fitur pada musim gugur atau September tahun ini.

Sayangnya, iPhone 13 tidak memiliki daya tarik besar yang dapat menggoda pengguna Android untuk pindah hati ke iPhone.

Berdasarkan hasil survei situs jual beli barang bekas SellCell, sebanyak 81,7 persen pengguna Android mengatakan tidak tertarik membeli iPhone 13 dan hanya 18,3 persen pengguna Android yang mempertimbangkan beralih ke iPhone 13.

Survei itu diikuti oleh 5.000 pengguna Android berusia 18 tahun ke atas di Amerika Serikat. Menariknya, SellCell melakukan survei yang sama tahun lalu dan menemukan 33 persen pengguna Android berencana membeli iPhone baru.

Berarti, jumlah pengguna Android yang ingin beralih ke iPhone turun 15 persen hanya dalam setahun. Dari empat model iPhone 13, 39,8 persen pengguna Android paling tertarik dengan iPhone 13 Pro Max.

Sementara itu 36,1 persen tertarik dengan iPhone 13 Pro, 19,5 persen tertarik dengan iPhone 13 dan hanya 4,6 persen yang tertarik dengan iPhone 13 mini seperti dikutip MacRumors.

Saat ditanya faktor apa yang membuat mereka tertarik pindah ke iPhone, 51,4 persen responden menjawab karena dukungan software yang lebih panjang.

Ekosistem Apple yang lebih terintegrasi menjadi alasan 23,8 persen responden, sedangkan 11,4 persen lainnya tertarik karena perlindungan privasi yang lebih baik.

Sensor Sidik Jari

Penyebab utama yang membuat pengguna Android beralih ke iPhone 13 adalah tidak adanya sensor sidik jari yang menjadi alasan 31,9 persen responden.

Sensor sidik jari memang sudah menjadi salah satu fitur utama di banyak ponsel Android selama beberapa tahun terakhir.

iPhone memang menawarkan sistem Face ID yang diklaim lebih aman, tapi fitur ini jadi sulit digunakan kalau pengguna mengenakan masker.

Sementara itu, 16,7 persen responden tidak akan beralih membeli iPhone karena fitur kustomisasi iOS yang terbatas, 12,8 persen karena tidak bisa sideloading aplikasi, 12,1 persen tidak suka dengan desain dan hardware, dan 10,4 persen tidak setuju dengan kebijakan Apple memindai foto di iCloud untuk mencari konten kekerasan seksual anak.

Apple sendiri telah menyebarkan undangan peluncuran iPhone 13 pada 14 September. iPhone 13 tidak akan membawa banyak pembaruan besar dari segi desain.

iPhone 13 akan hadir dengan fitur kamera yang ditingkatkan, video ProRes, layar 120Hz, notch yang lebih kecil, chip 5G baru dari Qualcomm, dan masih banyak lagi.