Find Us On Social Media :

Zoho Luncurkan Design Studio CRM untuk Permudah Personalisasi

By Liana Threestayanti, Selasa, 7 September 2021 | 08:30 WIB

Zoho meluncurkan Canvas, design studio CRM pertama di industri, untuk mempermudah personalisasi.

Penyedia sofrware, Zoho Corporation, memperkenalkan Canvas untuk Zoho CRM, sebuah studio desain untuk personalisasi CRM. 

Canvas merupakan platform no-code yang memungkinkan bisnis menciptakan antarmuka/interface CRM sendiri yang disesuaikan dengan peran tiap karyawan. Dan proses pembuatan antarmuka ini tidak perlu melibatkan orang TI atau developer. 

Bagi kebanyakan karyawan, sistem CRM menjadi terlalu kompleks karena proses penyesuaian (customization) data dan workflow. Sementara proses personalisasi terhadap CRM untuk tiap karyawan harus melibatkan upaya pengembangan dan biaya yang besar.  

Dengan Canvas, platform customer experience Zoho terus difokuskan pada pengembangan sebuah sistem pengalaman yang menyederhanakan ekonomi pengalaman bagi brand dan setiap pemangku kepentingan. Solusi programmable customer experience dari Zoho ini akan membantu perusahaan dalam berbagai skala bisnis guna memungkinkan produktivitas karyawan, meningkatkan kolaborasi para stakeholder, dan meningkatkan kesuksesan pelanggan. 

"Banyak software CRM menawarkan fitur penyesuaian untuk pengalaman pelanggan yang berlimpah, tapi penyesuaian yang sama tidak bisa berlaku bagi pengalaman karyawan itu sendiri. Hasilnya, setiap orang menggunakan sistem yang sama dan menderita kerugian di segi produktivitas. Bayangkan suatu dunia di mana sistem dibuat sesuai untuk masing-masing peran karyawan. Itu adalah sistem penyesuaian yang sebenar-benarnya, dan itulah yang kami tawarkan ke pasar dengan Canvas. Kami percaya ini adalah solusi alami bagi tantangan pengadopsian software. Tujuan pamungkasnya, kami ingin pelaku bisnis dapat menciptakan pengalaman penggunaan software di seluruh perusahaan dengan kesederhanaan level pelanggan,” ujar Gibu Mathew, VP & GM, APAC, Zoho Corporation.

Canvas menawarkan beberap fitur, di antaranya:

Drag and Drop Editor - Canvas menggunakan drag and drop editor sederhana yang memfasilitasi proses desain tanpa perlu menuliskan satu baris kode pun.

Template Gallery – Pelanggan dapat memilih template yang tersedia (preset template) yang mencerminkan diriny dan industrinya, dan bisa langsung menggunakannya.

Tampilan yang relevan dengan industri – Perusahaan dapat mengatur tampilan yang relevan dengan industri, budaya kerja, proses penjualan mereka, dan banyak lagi.

Self-service melalui Portal – Pelanggan juga dapat membagikan kreasi Canvas melalui portal dan menciptakan pengalaman lebih baik bagi vendor, stakeholder, dan lain-lain.

Penugasan berdasarkan peran – Perusahaan dapat menugaskan berbagai tampilan/view Canvas berdasarkan peran, tanggung jawab, dan tim dalam perusahaan.

Opsi formatting yang sangat luas - Canvas juga menyediakan banyak pilihan untuk menyunting detail yang lebih rinci pada tampilan/view dan dapat memuat style secara dinamis berdasarkan kondisi.

Zoho merencanakan implementasi Canvas pada semua produk Zoho sehingga para pengguna dapat merasakan pengalaman yang konsisten dan padu di seluruh ekosistem Zoho.