Find Us On Social Media :

Kalahkan Qualcomm, Ini Kunci Sukses MediaTek Rajai Pasar Chipset HP

By Adam Rizal, Kamis, 9 September 2021 | 09:00 WIB

realme bakal benamkan chipset MediaTek Dimensity 1200

Firma riset Counterpoint Research mengungkapkan saat ini MediaTek menguasai pasar chipset smartphone di dunia selama kuartal II (Q2) atau April hingga Juni 2021.

MediaTek menguasai pangsa pasar chipset smartphone sebesar 43 persen. Qualcomm harus puasa menempati posisi dua dengan penguasaan pasar sebesar 24 persen. Sedangkan, Apple harus puas berada di posisi tiga dengan pangsa pasar 14 persen selama Q2 2021.

Dale Gai (Direktur Riset Counterpoint) mengungkapkan kunci sukses MediaTek menggeser Qualcomm adalah portofolio chipset Mediatek 5G yang mendominasi segmen menengah ke bawah.

Selain itu, Mediatek tidak mengalami kendala pasokan chipset seperti pesaingnya, Qualcomm.

"Dibanding Qualcomm, MediaTek lebih sedikit menerima dampak dari kendala pasokan selama semester pertama 2021. Pengiriman system-on-chip (SoC) 4G juga membantu MediaTek untuk memperkuat posisinya," kata Gai dalam laporan Counterpoint.

Namun, Qualcomm masih unggul dalam memasarkan komponen modem 5G di pasar chipset Q2 2021 dengan pangsa pasar 55 persen.

Analis Riset Counterpoint, Parv Sharma mengatakan, keunggulan Qualcomm dikarenakan banyaknya permintaan modem 5G di seri Apple iPhone 12. Kemudian prosesor Snapdragon seri 800 dan 400 turut membantu Qualcomm mendapatkan posisi ini.

"Qualcomm juga bisa mengirimkan lebih banyak chipset apabila mereka tidak terpengaruh dari kendala pasokan selama semester pertama 2021," pungkas Sharma.